Dahlan bagi tugas PTPN II dan III

Rabu, 25 September 2013 - 14:10 WIB
Dahlan bagi tugas PTPN II dan III
Dahlan bagi tugas PTPN II dan III
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memerintahkan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II lebih mengutamakan penjualan hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan PTPN III untuk memenuhi kebutuhan ekspor.

Perintah bagi PTPN II untuk fokus pada pemenuhan dalam negeri didasarkan pada pertimbangan harga komoditas dunia yang tengah turun serta kapasitas produksi PTPN II yang masih kecil.

"PTPN II kita minta ekspor sendiri, ternyata ada kalanya bahwa mereka selama ini jual dalam negeri karena harga ekspor lebih rendah," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Sedangkan untuk urusan ekspor, Dahlan menyerahkan kewenangannya pada PTPN III lantaran dipandang lebih besar dari PTPN II dari segi kapasitas produksinya.

"Yang lebih mementingkan ekspor biar PTPN III karena besar dan selama ini PTPN III kalah dengan PTPN VII. Tapi minggu ini PTPN III sudah buat persiapan ekspor sendiri," sambung dia.

Dengan ditunjukknya PTPN III untuk memenuhi kebutuhan ekspor, Dahlan berharap pemasukan pemerintah dalam bentuk dolar bisa ikut terbantu. Pasalnya, meskipun harga komoditas tengah turun, namun dangan jumlah produksi yang lebih besar diharapkan kebutuhan dolar dari ekspor tersebut dapat terpenuhi.

"Untuk mendukung program pemerintah dalam hal ini mendapatkan dolar lebih banyak, tetap kita minta ekspor. Memang harga masih rendah. Ekspor sendiri lebih baik untuk memperkuat perekonomian negara," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6029 seconds (0.1#10.140)