Seni modifikasi mobil LCGC

Rabu, 25 September 2013 - 15:08 WIB
Seni modifikasi mobil LCGC
Seni modifikasi mobil LCGC
A A A
Sindonews.com - Penampilan mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) memang tidak begitu wah. Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Suzuki Karimun Wagon R masih terlihat biasa-biasa saja. Yang sedikit menarik adalah Honda Brio Satya. Ini pun tertolong tampilan lahirnya yang dari awal memang cukup menggoda.

Sepertinya, para pabrikan mobil LCGC memang menangkap keraguan tersebut. Inilah mengapa mereka memberikan contoh modifikasi mobil-mobil LCGC. Misalkan Astra Daihatsu Motor (ADM) yang membawa banyak contoh modifikasi Daihatsu Ayla mulai dari Sport, Luxury, X-track hingga GT.

"Kami mau membuktikan kalau Ayla bisa dibuat macam-macam sesuai keinginan konsumen. Kami mau tahu, konsumen menginginkan seperti apa Ayla di masa mendatang. Kalau ada yang baik, akan dipertimbangkan untuk diproduksi," kata Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra, Rabu (25/9/2013).

Versi pertama dari Ayla ini adalah versi bertemakan balap. Ayla Grand Touring (GT) yang menampilkan kosep sporty dari Ayla. Mobil murah ini terlihat lebih segar dengan desain lampu depan yang baru.

Paket aerokit lengkap diterapkan pada eksterior Ayla, didukung pelek lebar seperti yang ada pada mobil balap. Kesan sporty semakin kuat dengan beberapa tambahan, kap mesin dengan sepasang lubang udara, serat karbon pada sayap belakang, dan over fender lebar.

Mobil kedua dengan tema Crossover. Daihatsu Ayla X-track yang ditampilkan dengan modifikasi bergaya ala crossover. Beberapa perubahan juga berkonsentrasi pada kaki, sehingga terlihat lebih berotot. Ground clearance nya juga lebih tinggi dari ukuran standar.

Tampilan depan juga terlihat lebih modis dengan daytime running light (DRL) pada bumper depan, roof rail, over side body moulding, dan side skid plate khas crossover.

Tema konsep ketiga adalah luxury. Ayla Luxury adalah yang paling mirip dengan model yang saat ini ada. Hanya dengan penambahan kecil di beberapa bagian seperti aksen krom pada bumper yang dikombinasikan DRL, dan jendela. Pelek juga memilih desain yang elegan dengan sentuhan aksen kayu di kabin.

Tidak seperti ADM, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya menampilkan dua mobil modifikasi Suzuki Karimun Wagon R yakni Suzuki Karimun Wagon R Sport dan Suzuki Karimun Wagon R Luxury.

Perbedaan kedua mobi ini hanya terletak pada body kit dan muffler. Karimun Wagon R Sport tampil dengan body kit yang lebih sporty dan dua buah muffller (knalpot) di bagian belakang.

Sementara Karimun Wagon R Luxury tampl dengan body kit yang lebih elegan dan satu buah muffler. Bagian interior hanya dilapisi dengan jok kulit. Dan sepertinya memang sudah cukup untuk membuat mobil LCGC dari Suzuki ini tampil lebih berbeda.

Bagaimana dengan Toyota Agya dan Honda Brio Satya? Keduanya memang tidak membawa versi modifikasi. Namun sepertinya Toyota Agya sudah memiliki varian TRD S yang sangat sporti. Sementara Honda Brio Satya sudah lebih dari cukup untuk tampil keren.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2660 seconds (0.1#10.140)