Nissan Leaf semi autonomous drive akan meluncur 2020

Senin, 30 September 2013 - 12:09 WIB
Nissan Leaf semi autonomous...
Nissan Leaf semi autonomous drive akan meluncur 2020
A A A
Sindonews.com – Nissan semakin yakin meluncurkan mobil yang bisa mengemudi sendiri pada 2020, setelah baru-baru ini berhasil mendapatkan plat nomor untuk kendaraan andalannya, Leaf.

Mobil listrik tersebut berbeda dengan Nissan Leaf lainnya karena sudah dilengkapi teknologi advance driver assist systems, yakni semi autonomous drive atau bisa mengemudikan mobil sendiri.

Pemberian plat nomor kendaraan tersebut merupakan hal bersejarah. Sebab, untuk pertama kalinya di Jepang sebuah mobil dengan teknologi bisa mengemudikan mobil tanpa bantuan orang tersebut diujicoba langsung di jalan.

Pengujian model ini akan sangat bermanfaat bagi Nissan yang memang berencana mempopulerkan teknologi Autonomous Drive pada 2020.

“Ini adalah plat nomor kendaraan yang biasa bagi sebuah mobil yang luar biasa. Sebulan yang lalu saya mengatakan pada dunia bahwa target Autonomous Drive akan berjalan pada 2020. Dan, pengujian di jalan ini benar-benar akan memantapkan teknologi kami. Kami berterima kasih kepada pemerintah Jepang mau membantu kami,” ujar Presiden dan CEO Nissan Carlos Ghosn, Senin (30/9/2013).

Nissan Leaf dengan teknologi semi autonomous drive disebutkan memiliki beberapa teknologi, seperti lane keeping (menjaga mobil agar tidak keluar jalur), automatic exit, automatic lane change, automatic overtaking slower or stopped vehicles, automatic deceleration behind congestion on freeways (mengurangi kecepatan ketika berada di jalan macet atau jalan bebas hambatan), serta automatic stopping at red lights (kemampuan berhenti ketika mendeteksi lampu lalu lintas berwarna merah).

Wakil Presiden Eksekutif Nissan untuk Riset dan Pengembangan Teknologi Mitsuhiko Yamashita mengatakan program Autonomous Drive penting dilakukan untuk mencapai target lainnya, yakni tingkat kecelakaan fatal 0 persen.

“Mencapai tingkat kecelakaan 0 persen itu sama pentingnya dengan mencapai target emisi 0 persen yang juga ada di tujuan Nissan. Pengujian di lapangan akan membantu kita membangun rasa aman, ketahanan dan efisiensi kendaraan di teknologi kami,” pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0691 seconds (0.1#10.140)