Hatta pamer keberhasilan ekonomi kawasan Asia

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 14:37 WIB
Hatta pamer keberhasilan ekonomi kawasan Asia
Hatta pamer keberhasilan ekonomi kawasan Asia
A A A
Sindonews.com - Saat memberikan semangat kepada ratusan wirausaha muda dalam dan luar negeri, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, kawasan Asia tumbuh pesat, tak heran jika perdagangan dunia telah bergeser ke Asia.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Asia telah menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang cocok untuk kegiatan investasi dan perdagangan dunia.

“Total nilai volume perdagangan di Asia tahun 2012 mencapai USD1,8 triliun, sedangkan Indonesia saat ini meningkat 10 kali lipat mencapai USD290 miliar,“ sebut Hatta di Kuta, Bali, Jumat (4/10/2013).

Tidak hanya itu, pencapaian pertumbuhan ekonomi kawasan ini berhasil menurunkan angka penggangguran hingga 3O persen. Pertumbuhan ekonomi juga berhasil menekan biaya transaksi lebh dari lima persen. Kondisi ini menempatkan Asia sebagai kawasan perdagangan investasi dan pertumbuhan ekonomi

Hatta menambahkan, pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia diprediksi akan luar biasa dan akan menjadi pusat ekonomi dunia. Dalam kaitan dengan tema APEC tahun ini, sambung Hatta, maka ada tiga pilar penting sebagaimana pencapaian Bogor Goals.

Upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan mendorong perdagangan bebas yang diharapkan bisa meningkatkan keadilan dan kesetaraan.

Dengan begitu, akan bisa meningkatkan volume perdagangan dalam memperkuat pembangunan yang adil dan merata. “Indonesia mendorong tidak hanya peningkatan perdagangan, tapi pemerataan keseimbangan negara,“ kata Hatta menambahkan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4128 seconds (0.1#10.140)