Arita Prima optimis sahamnya diminati pasar

Jum'at, 04 Oktober 2013 - 19:14 WIB
Arita Prima optimis sahamnya diminati pasar
Arita Prima optimis sahamnya diminati pasar
A A A
Sindonews.com - Di tengah pasang surutnya bursa saham Indonesia, PT Arita Prima Indonesia mengaku tetap optimis sahamnya bakal diminati pasar. Karena prospek dari lini bisnis yang dipilihnya sangat unik dan memiliki pangsa pasar sangat luas.

Direktur Utama Arita Prima Indonesia, Low Yew Lean mengatakan, optimisme perseroan datang dari fakta bahwa bisnis distribusi katup pipa-pipa ini dibutuhkan berbagai macam industri.

Meski terlihat sepele, namun kenyatannya bisnis yang dijalankan anak usaha Unimech Group ini sangat dibutuhkan mulai dari industri perhotelan hingga industri perminyakan sekalipun.

"Ada gula ada semut. Kami menyediakan katup pipa seukuran keran air hingga ada yang berdiameter dua meter. Tanpa kami, industri mereka tidak bisa berjalan," kata Low di Ancol, Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Optimisme Low sendiri tentu bukan hanya isapan jempol. Lihat saja pertumbuhan omzet Arita Prima yang meroket dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pada 2010, omzet yang didapat sebesar Rp62,53 miliar. Sementara jika dibandingkan dengan full years 2012, omzetnya terbang 145,79 persen menjadi Rp153,69 miliar.

Laba bersih yang diperoleh juga sama positifnya dengan top line perusahaan. Pada akhir 2010, laba bersih yang diperoleh sebesar Rp8,79 miliar. Sedangkan pada 2012, laba bersihnya naik 118,66 persen menjadi Rp19,22 miliar.

Untuk tahun ini, kata dia, manajemen membidik omzet Rp180 miliar. "Untuk pertumbuhan gross profit dan net profit masing-masing 50 persen dan 15 persen," imbuh Low.

Selain itu, sebenarnya Arita Prima masih memiliki kemampuan untuk mencari pendanaan dari bank, mengingat debt to equity ratio (DER) Arita Prima yang masih ada di level 1,06 kali.

"IPO tujuan utamanya memang dana. Meski jumlahnya kecil, tapi ke depannya bisa sangat menguntungkan. Kami bisa lebih mudah memperoleh dana segar. Kami bisa lebih mudah mengundang investor untuk bergabung dan transfer teknologi dengan mereka," pungkas Low.

Seperti diketahui, PT Arita Prima Indonesia merupakan calon emiten perusahaan distributor dan perdagangan valve, fitting, dan produk terkait lainnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8630 seconds (0.1#10.140)