Jelang Idul Adha, harga cabai naik 100%

Rabu, 09 Oktober 2013 - 13:06 WIB
Jelang Idul Adha, harga cabai naik 100%
Jelang Idul Adha, harga cabai naik 100%
A A A
Sindonews.com - Menjelang hari raya Idul Adha harga cabai merah di pasar tradisional Petisah, Medan, Sumatera Utara mengalami kenaikan yang tinggi.

Kenaikan yang sudah berlangsung selama tiga hari ini disebabkan curah hujan yang tinggi di pegunungan sehingga membuat kebun cabai petani mengalami kerusakan dan gagal panen.

Faktor lainnya, diduga cabai naik hingga seratus persen karena sudah mendekati perayaan hari raya Idul Adha yang akan dirayakan pada 15 Oktober Mendatang.

Sebelumnya, harga cabai di pasaran dijual dengan harga Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per kilonya. Namun saat ini harga cabai mencapai Rp40 ribu per kilonya.

"Stok cabe merah di pasaran juga mengalami kelangkaan karena pasokan yang minim dari petani untuk dipasarkan di pasaran. Kenaikan ini juga disebabkan semakin dekatnya perayaan hari besar seperti Idul Adha," ujar salah seorang pedagang, Beru Sembiring, Rabu (9/10/2013).

Sejumlah pembeli mengeluhkan kenaikan harga cabai ini, apalagi sepekan mendatang akan ada perayaan hari Idul Adha. Warga berharap pemerintah melakukan kontrol terhadap harga sembako di pasaran agar harga lainnya tidak ikut naik.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7497 seconds (0.1#10.140)