Sarihusada bangun pusat pelayanan pertanian-peternakan

Kamis, 10 Oktober 2013 - 19:40 WIB
Sarihusada bangun pusat pelayanan pertanian-peternakan
Sarihusada bangun pusat pelayanan pertanian-peternakan
A A A
Sindonews.com - PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) bekerja sama dengan Pemprov DI Yogyakarta dan Pemkab Sleman membangun 'Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu' di Padukuhan Plosokerep, Desa Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta.

Fasilitas terpadu seluas 1,7 hektar, terdiri dari perkandangan modern yang mampu menampung 240 ekor sapi perah dilengkapi dengan milking equipment, laboratorium mini, cooling unit, biogas digester ini diresmikan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Presiden Direktur Sarihusada Olivier Pierredon.

"Fasilitas sosial yang dibiayai oleh Danone Ecosysteme Fund ini juga menyediakan fasilitas belajar bagi petani dan peternak, serta lahan percontohan permanen untuk budidaya pertanian, perikanan dan peternakan ternak kecil di lokasi yang sama," ujar Presiden Direktur Sarihusada, Olivier Pierredon dalam peresmian Merapi Project di Yogyakarta dalam siaran persnya kepada Sindonews, Kamis (10/10/2013).

Di luar penyediaan fasilitas terpadu ini, Sarihusada bersama mitra juga membantu petani di lima desa Kabupaten Sleman, yaitu desa Umbulharjo, desa Kepuharjo, desa Glagaharjo, desa Hargobingangun, dan desa Purwobinangun untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan non sapi perah dan usaha produktif lainnya berbasis sumber daya lokal.

Olivier menambahkan, dengan peresmian Merapi Project ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, keberdayaan masyarakat dan juga meningkatkan status kesehatan serta gizi anak-anak dan keluarga petani di wilayah sekitar gunung Merapi.

"Kami berterima kasih atas dukungan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Bupati Seleman beserta jajarannya, pemerintah desa dan juga kepada semua pihak dalam implementasi program ini, dan kepada seluruh masyarakat yang terlibat dan menjadi komponen penting untuk menyukseskan kegiatan ini," kata Olivier.

Selain itu, keberadaan pusat peternakan dan pertanian terpadu ini diharapkan mampu meningkatkan penyediaan susu yang berkualitas dan memenuhi standar mutu industri.

Danone sebagai perusahaan global yang memiliki keahlian dalam bidang ini, melalui Sarihusada ingin membantu masyarakat memberikan pengetahuan bagaimana pengelolaan pertanian dan peternakan terpadu yang nantinya dapat ditiru dan dikembangkan di tempat lain.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7350 seconds (0.1#10.140)