Dirut Pertamina naik posisi ke-6 pebisnis wanita berpengaruh

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 12:01 WIB
Dirut Pertamina naik posisi ke-6 pebisnis wanita berpengaruh
Dirut Pertamina naik posisi ke-6 pebisnis wanita berpengaruh
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina (Persero) dengan bangga mengumumkan penghargaan yang diraih oleh Direktur Utama Karen Agustiawan yang kembali masuk ke dalam jajaran 50 Most Powerful Women in Business pada posisi ke-6 menurut versi majalah Fortune Global.

Keberhasilan tersebut memperbaiki prestasi pada tahun sebelumnya yang berada pada peringkat ke-19 dalam 50 Most Powerful Women in Business. Dengan peningkatan tersebut, Karen juga termasuk salah satu dari sembilan wanita pebisnis berpengaruh yang mengalami perubahan posisi positif terbesar (big movers and new comers).

"Penghargaan ini merupakan penghargaan bagi Pertamina dan seluruh bangsa Indonesia. Tanpa dukungan penuh seluruh komponen bangsa, maka Pertamina tidak akan bisa mencapai prestasi seperti saat ini," tutur Karen Agustiawan dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Fortune menilai Karen sangat layak berada pada peringkat ke-6 tahun ini berdasarkan pertimbangan keberhasilannya dalam mengelola perusahaan dengan pendapatan USD70 miliar, laba bersih USD2,7 miliar dan berhasil masuk peringkat 122 Fortune Global 500.

Pencapaian laba bersih sebesar USD2,7 miliar atau naik 15 persen dari tahun sebelumnya tersebut menjadi pencapaian tertinggi dalam sejarah sejak perusahaan tersebut berdiri.

Selama menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina, Karen membawa Pertamina melakukan langkah-langkah terobosan, seperti perubahan visi perusahaan menjadi world class national energy company, pembentukan direktorat gas untuk menjawab tantangan ketahanan energi Indonesia di masa depan.

Selain itu, lebih agresif dalam upaya mencapai profitable downstream, diantaranya rencana pembangunan dan bottom upgrading kilang, pemasaran ekspor pelumas ke 24 negara selain mempertahankan market share di pasar domestik pada level 60 persen. Pertamina juga berhasil menjaga pertumbuhan produksi minyaknya rata-rata 6,6 persen/tahun dalam lima tahun terakhir.

"Segenap insan Pertamina bangga atas prestasi Direktur Utama yang kembali masuk dalam jajaran 50 Most Powerful Women in Business versi Majalah Fortune dan naik peringkat ke posisi ke-6 dari posisi ke-19 tahun lalu," kata Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir.

Lebih lanjut dia menuturkan, capaian orang nomor satu di Pertamina tersebut akan menjadi inspirasi dan teladan bagi segenap insan Pertamina, sehingga dapat menambah energi baru untuk membawa Pertamina sebagai lokomotif gerakan 'Ayo Indonesia Mendunia'.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0040 seconds (0.1#10.140)