Produsen susu Jepang hentikan penjualan di China

Kamis, 24 Oktober 2013 - 14:13 WIB
Produsen susu Jepang hentikan penjualan di China
Produsen susu Jepang hentikan penjualan di China
A A A
Sindonews.com - Produsen susu bayi asal Jepang, Meiji melaporkan telah menangguhkan penjualan di China karena meningkatnya biaya dan persaingan.

Pembuat susu bubuk merek Hohoemi itu telah mengalami penurunan penjualan. "Karena meningkatnya biaya bahan baku dan persaingan yang semakin ketat, perusahaan mengalami kesulitan meraih keuntungan yang stabil di pasar," kata juru bicara perusahaan, seperti dilansir dari AFP, Kamis (24/10/2013).

"Perusahaan akan mempertimbangkan melanjutkan bisnis susu bubuk di sana (China), setelah lingkungan pasar membaik," tambahnya.

Susu formula Jepang semakin populer di China, setelah terjadi skandal pada 2008 saat produsen lokal terbukti telah memasukkan bahan kimia berbahaya ke dalam produk mereka.

Hal itu menyebabkan enam bayi meninggal dan sekitar 300.000 sakit. Konsumen pun ramai-ramai beralih ke produk buatan luar negeri meskipun harga biasanya lebih tinggi.

Namun, pada 2011 tsunami memicu kecelakaan nuklir di Fukushima Jepang yang mencoreng reputasi keamanan pangan konsumen di seluruh dunia. Mereka khawatir produk terkontaminasi radioaktif. Pasar susu bubuk terbesar Meiji terdapat di Pakistan. Mereka juga memiliki pasar di Taiwan dan Vietnam.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0518 seconds (0.1#10.140)