Perajin tenun Eceng Gondok minta bantuan pemerintah

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 14:43 WIB
Perajin tenun Eceng Gondok minta bantuan pemerintah
Perajin tenun Eceng Gondok minta bantuan pemerintah
A A A
Sindonews.com - Ketua Koperasi Perajin Tenun Eceng Gondok Sekar Ayu, Solikhin mengatakan, dengan terpuruknya industri kerajinan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) di Desa Pakumbulan, pihaknya berharap agar Pemda Pekalongan melakukan pembinaan dan bantuan secara rutin.

Menurutnya, selama ini dari pihak pembeli yang memesan kerajinan ATBM Eceng Gondok tidak membayarnya di awal, namun setelah semua produk jadi sehingga perlu modal.

“Saat ini kita kesulitan tenaga kerja di kerajinan ATBM, karena selama ini upah yang diterima perajin murah. Upah buruh operator tenun ATBM hanya sebesar Rp2.100 per meter kain tenun. Padahal, sehari hanya dapat 6 meter kain tenun atau hanya dibayar sebesar Rp12 ribu per hari," jelas Sholihin, Sabtu (26/10/2013).

Menanggapi itu, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM (Perindagkop) Kabupaten Pekalongan, Mujiyanto mengungkapkan, kelangkaan bahan baku serta murahnya harga produk ATBM, merupakan kendala tersendiri bagi perajin. Sehingga usaha tersebut sulit berkembang dan bersaing dengan produk lain.

“Kita akan sering mengajak perajin ATBM, untuk mengikuti pameran dagang di luar kota, untuk membuka pasar baru. Juga akan memberikan pelatihan khusus bagi perajin untuk membuat produk ATBM yang lebih kreatif, dan bisa diterima pasar,“ jelas Mujiyanto.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7212 seconds (0.1#10.140)