Dana penjaminan belum diambil peserta Jamsotek Rp900 M

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 14:57 WIB
Dana penjaminan belum diambil peserta Jamsotek Rp900 M
Dana penjaminan belum diambil peserta Jamsotek Rp900 M
A A A
Sindonews.com - PT Jamsostek Persero melaporkan ada sekitar Rp900 miliar dana penjaminan yang belum diambil peserta pada kuartal III/2013.

Dana tersebut, rencananya akan diserahkan kepada Balai Harta Peninggalan Negara pada awal tahun depan bersamaan saat Jamsostek bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

"Out standing posisi sekarang, dana tersebut jumlahnya ada sekitar Rp800-900 miliar-an. Sebenarnya bukan dana tidak bertuan, hanya saja nasabahnya belum ambil. Bila sampai akhir tahun tidak ada yang ambil, akan kita serahkan ke Balai Harta Peninggalan," ujar Direktur Keuangan Jamsostek, Herdi Trisanto di Hotel Novotel, Bandung, Jumat (25/10/2013) malam.

Namun demikian, Herdi mengatakan, nasabah yang tidak sempat mengambil haknya hingga batas waktu akhir tahun depan, tidak perlu khawatir dananya di Jamsostek tidak dapat dicairkan.

Menurut Herdi, dana tersebut tetap bisa dicairkan atau diklaim oleh peserta yang berhak tanpa ada pengurangan manfaat yang diperoleh.

"Bisa diklaim ke Balai Harta Peninggalan langsung, bisa klaim ke kita. Tapi teknisnya mungkin belum bisa diungkapkan. Kita sedang bahas bagaimana SOP-nya. Yang pasti, kita upayakan agar jangan sampai peserta dirugikan," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Jamsostek Elvyn G Masassya mengatakan, Per September 2013, Jamsostek mencatat terdapat dana yang belum tersalurkan tersebut dimiliki setidaknya oleh 800 ribu orang dengan rata-rata dananya sebesar Rp1,2 juta.

"Tidak ada dana tak bertuan. Tapi itu ada 800 ribu orang yang belum ambil dananya. Rata-rata per orang Rp1 juta sampai Rp1,2 juta," ujar Elvyn.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7992 seconds (0.1#10.140)