PLN resmikan kabel laut dan PLTMG Sembakung

Selasa, 29 Oktober 2013 - 12:06 WIB
PLN resmikan kabel laut dan PLTMG Sembakung
PLN resmikan kabel laut dan PLTMG Sembakung
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan kabel listrik dan Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sembakung, dengan demikian perseroan dapat menerangi Pulau Borneo hingga ke perbatasan Malaysia.

Direktur Pengadaan Strategis dan Energi primer PLN, Bagiyo Riawan mengatakan kabel laut yang diresmikan akan menghubungkan sistem kelistrikan Nunukan-Sebatik dengan panjang 37 kilometer (km) dan mendapatkan suplai gas dari Pertamina EP. PLTMG yang berlokasi di Pulau Sembakung tersebut melayani kebutuhan pasokan listrik di kabupaten Nunukan, Sebatik serta masyarakat di daerah perbatasan.

"PLTMG ini menggantikan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang selama ini dioperasikan. Setelah PLTD dihentikan tidak ada suara bising di Nunukan," kata Bagiyo dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Sedangkan PLTMG Sembakung yang terletak di kecamatan Sembakung mendapat pasokan gas melalui kabel laut tersebut berkapasitas sebesar 8 megawatt (MW) diharapkan bisa melayani kebutuhan pasokan listrik di kabupaten Nunukan, Sebatik serta masyarakat di daerah perbatasan.

Suplai listrik dari PLTMG Sembakung menggunakan kabel laut yang menghubungkan sistem kelistrikan Nunukan-Sebatik dengan panjang 37 km. Perseroan menginvestasi dana sebesar Rp164 miliar, diantaranya Rp104 miliar untuk kabel laut. PLTMG Sembakung beroperasi pada Agustus lalu, tapi sempat terkendala kesiapan gas.

Untuk memenuhi kebutuhan gas pembangkit ke depan, PLN akan mengandalkan pasokan gas dari perusahaan daerah yakni PT Nusa Serambi Persada. Selanjutnya, kata dia, Pulau Sebatik akan dapat pasokan gas sebesar 2,5 MMSCFD pada tahun depan.

"Rencananya akan dibangun PLTMG 6 MW. Jadi nanti total kapasitas listrik di Nunukan dan Sebatik mencapai 14 MW," ucap dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7190 seconds (0.1#10.140)