Hatta: Pertumbuhan ekonomi RI tertinggi setelah China

Rabu, 06 November 2013 - 18:35 WIB
Hatta: Pertumbuhan ekonomi RI tertinggi setelah China
Hatta: Pertumbuhan ekonomi RI tertinggi setelah China
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa angkat bicara mengenai pertumbuhan ekonomi kuartal III/2013 yang mengalami perlambatan hingga 5,62 persen.

Hatta menegaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara lain di kawasan dan negara Asia lainnya yang mengalami koreksi pertumbuhan ekonomi.

"Semua (negara) mengalami koreksi pertumbuhan ke bawah tapi pertumbuhan ekonomi kita masih nomor kedua tertinggi setelah China," ujarnya di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Kendati demikian, dengan range pertumbuhan ekonomi sebesar 5,8 sampai 5,9 persen tersebut, Hatta berharap pemerintah dapat mengurangi defisit neraca pembayaran.

"Kita harapkan dengan pertumbuhan yang realistis tersebut kita bisa mengatasi impor yang meningkat dan menstabilisasi defisit kita agar berkurang jauh di kuartal III," pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia mencatatkan adanya tren perlambatan pada laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang digambarkan oleh perkembangan produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga konstan 2000 pada kuartal III/2013.

"PDB kuartal III/2013 bila dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2012 tumbuh sekitar 5,62 persen. Kenaikan ini terutama dipengaruhi oleh kenaikan sektor pengangkutan dan komunikasi yang tumbuh 10,46 persen," kata Kepala BPS Suryamin di Kantor BPS hari ini.

Menurutnya, pertumbuhan PDB berdasarkan sektor ekonomi secara kuartal, sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 6,16 persen. Sedangkan konstruksi 3,35 persen dan pengakutan dan komunikasi 3,28 persen.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6460 seconds (0.1#10.140)