China janji berikan pasar peran besar 2020

Rabu, 13 November 2013 - 16:04 WIB
China janji berikan pasar peran besar 2020
China janji berikan pasar peran besar 2020
A A A
Sindonews.com - Para pemimpin China berjanji memberikan pasar memainkan peran dalam perekonomian saat mereka meluncurkan agenda reformasi untuk dekade berikutnya. Langkah tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mengamankan kendali pertumbuhan ekonomi baru di masa depan.

Dilansir dari Time of Malta, Rabu (13/11/2013), hasil pertemuan empat hari ini bertujuan untuk mencapai hasil menentukan dalam mendorong reformasi pada 2020, dengan perubahan ekonomi sebagai fokus utama.

Presiden Xi Jinping Cina muncul dalam sebuah konferensi kepemimpinan Partai Komunis dengan mandat memberikan pasar "peran penting" di perekonomian terbesar kedua dunia tersebut, serta mengkonsolidasikan otoritas dalam pengambilan keputusan baru.

"Ini jelas bukan sesuatu yang harus dipandang sebagai lapisan lain birokrasi. Ini adalah sesuatu untuk mempercepat, membuat hal-hal yang lebih efisien," kata Steve Wang, kepala ekonom China dari The Reorientasi Group, Hong Kong.

Dikutip dari New York Times, Presiden Xi telah memberi sinyal untuk merombak berbagai kebijakan yang telah lama bercokol, termasuk pembatasan kepemilikan tanah di daerah pedesaan dan kontrol negara terhadap suku bunga yang dikenakan bank.

Dia dan Perdana Menteri Li Keqiang juga telah bersumpah untuk menyapih ekonomi China dari ketergantungan industri yang sangat mencemari dan belanja boros pemerintah. Sebuah daftar lengkap overhaul dibahas pada pertemuan partai diharapkan akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang, meskipun banyak berekspektasi secara bertahap.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5347 seconds (0.1#10.140)