Rupiah diproyeksi masih sulit bangkit

Selasa, 19 November 2013 - 08:42 WIB
Rupiah diproyeksi masih...
Rupiah diproyeksi masih sulit bangkit
A A A
Sindonews.com - Berbeda dengan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menunjukkan gairah penguatannya, laju rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) berpotensi semakin terperosok ke zona pelemahan jelang rapat Federal Open Market Committee (FOMC) pada pekan ini.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada memperkirakan, laju nilai tukar rupiah terhadap USD akan bergerak pada rentang Rp11.672-11.600/USD mengacu kurs tengah Bank Indonesia (BI).

Menurut Reza, potensi pelemahan ini datang lantaran masih adanya rasa kekhawatiran terhadap hasil pertemuan FOMC pekan ini, sehingga pelaku pasar mencari aman dengan melepas rupiah dan kembali melakukan akumulasi.

"Kondisi ini berbanding terbalik dengan sentimen positif dari dipertahankannya peringkat utang Indonesia di level BBB- oleh Fitch Rating serta laju dolar Australia dan rupee yang mulai menguat menanggapi sentimen positif dari berita reformasi keuangan ekonomi China dan spekulasi Janet Yellen akan tetap mempertahankan stimulus," tutur Reza, Selasa (19/11/2013).

Sementara dinaikkannya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) yang saat ini telah berada di level 7,5 persen masih belum menunjukkan dampak berarti pada laju rupiah.

Padahal, lanjut Reza, laju IHSG diprediksi masih akan mengalami penguatan setelah kemarin IHSG terimbas positifnya laju bursa saham Asia serta menghijaunya bursa saham AS dan Eropa di akhir pekan lalu.

Adapun, nilai tukar rupiah terhadap USD berdasarkan data Bloomberg sore kemarin berakhir di level Rp11.635/USD atau melemah 12 poin dibanding perdagangan akhir pekan lalu di level Rp11.623/USD.

Sedangkan, posisi rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada awal pekan ini di level Rp11.627/USD atau terdepresiasi 66 poin dibandingkan penutupan hari akhir pekan lalu di level Rp11.561/USD.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8665 seconds (0.1#10.140)