HSBC: Indeks manufaktur China November melemah

Kamis, 21 November 2013 - 10:57 WIB
HSBC: Indeks manufaktur China November melemah
HSBC: Indeks manufaktur China November melemah
A A A
Sindonews.com - Pertumbuhan manufaktur China melambat pada November 2013 karena ekspor menurun dan pabrik menunda restocking akibat melemahnya permintaan.

Pembacaan awal indeks pembelian manajer (PMI) HSBC di sektor manufaktur bulan ini datang di angka 50,4 poin, turun dari pembacaan akhir pada Oktober 50,9 poin, sebagai angka tertinggi dalam tujuh bulan.

Indeks yang mengukur aktivitas manufaktur di pabrik-pabrik China dan UKM ini merupakan indikator yang diawasi ketat atas kesehatan ekonomi negara tersebut. Angka di atas 50 poin menunjukkan pertumbuhan, sedangkan di bawahnya sinyal kontraksi.

"Momentum pertumbuhan China sedikit melunak pada November," kata Qu Hongbin, ekonom HSBC di Hong Kong , dalam pernyataannya, seperti dilansir dari AFP, Kamis (21/11/2013).

Menurut Hongbin, angka tersebut masih yang tertinggi kedua sejak Maret, namun tergelincir dari bulan lalu karena pesanan ekspor lemah dan laju kegiatan restocking memperlambat. Ia melihat pemimpin China mungkin akan mempertahankan kebijakan "yang relatif akomodatif " untuk mendukung pertumbuhan.

Perekonomian China pulih dari perlambatan pertumbuhan dalam dua kuartal untuk memperluas 7,8 persen pada Juli-September, terutama pada bagian belakang stimulus pemerintah yang meningkatkan infrastruktur, investasi aset tetap di perkotaan, pemotongan pajak dan kebijakan moneter yang lebih longgar.

Analis telah memperingatkan bahwa pemulihan mungkin akan kehilangan beberapa momentum pada kuartal keempat, dengan kebijakan Beijing pro-growth stance cenderung berubah netral.

Pembacaan PMI akhir HSBC pada Oktober dijadwalkan akan dirilis pada 2 Desember 2013.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5455 seconds (0.1#10.140)