Pemda diminta aktif kembangkan wirausaha kreatif

Jum'at, 22 November 2013 - 16:49 WIB
Pemda diminta aktif kembangkan wirausaha kreatif
Pemda diminta aktif kembangkan wirausaha kreatif
A A A
Sindonews.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meminta pemerintah daerah (Pemda) untuk lebih aktif mengembangkan program kewirusahaan. Pemerintah pusat akan memberikan tanggung jawab lebih besar dari perizinan hingga pembiayaan.

Hal terssebut dikatakan Deputi V Kemenko Perekonomian bidang Perniagaan dan Kewirausahaan, Edi Putra Irawady pada saat sosialisasi kebijakan dan program pengembang kewirausahaan di UPI, Jumat (22/11/2013).

Menurutnya, pemerintah terus menggelontorkan semangat kewirausahaan mulai dari tingkat sekolah menengah hingga perguruan tinggi melalui para guru maupun dosen.

Sejak 2010, pemerıntah bersama seluruh stakeholder dan Bank Indonesia (BI) terus melakukan langkah terintegrasi pengembangan wirausaha kreatif, mandiri, dan berdaya saing global. Yaitu, marketing preneur, sosiopreneur, teknopreneur, agro preneur hingga pengembangan dan pelaksanaan usaha.

Selain itu, kata Edi, berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan dalam mendorong tumbuh kembangnya wirausaha. Pertama kebijakan perluasan peluang usaha dan akses pasar. Diantaranya, penataan pasar modern dan tradisional, cadangan investasi UMKM dalam DNI serta kemudahan regulasi.

Kedua, terkait birokrasi yaitu dengan memberikan fasilitas kemudahan perizinan dalam berbagai peraturan pusat dan daerah. Ketiga, kebijakan perluasan akses pembiayaan, yaitu melalui penyediaan KUR, modal ventura, keuangan syariah, dana bergulir, dan pembiayaan ekspor.

"Entrepreneurship bukan berarti berdagang dalam arti sempit. Melainkan tercermin dalam mindset ataua pola pikir, sikap dan tindakan sehari-hari," kata Edi.

Berdasarkan data BI, dalam kurun waktu lima tahun terakhir, kegiatan ekonomi di sektor UKM mampu menerap 97,7 tenaga kerja. Sebagai bentuk dukungan konkrit kepada sektor UKM, bank sentral mewajibkan bank menyalurkan 50 persen kreditnya kepada sektor UKM terutama kepada wirausaha pemula.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9243 seconds (0.1#10.140)