Pertumbuhan ekonomi Sulawesi paling dinamis

Jum'at, 22 November 2013 - 17:50 WIB
Pertumbuhan ekonomi Sulawesi paling dinamis
Pertumbuhan ekonomi Sulawesi paling dinamis
A A A
Sindonews.com - Guru besar dari pusat penelitian pengembangan (Puslitbang) Kebijakan dan Manajemen Unhas, Agus Salim mengatakan, secara ekonomi pertumbuhan Sulawesi paling dinamis.

Dalam sepuluh tahun terakhir, kata dia, pertumbuhan ekonomi pulau ini paling akseleratif dengan rata-rata 7,2 persen sejak 2003. Sementara, secara nasional 5 persen. PDRB Sulawesi secara nasional meningkat 10 tahun terakhir. Pertumbuhan nasional hanya 5 persen.

Sayangnya, pertumbuhan itu tidak dibarengi dengan pertumbuhan infrastruktur jalan. Dalam catatanya, empat tahun terakhir, jalan provinsi tidak mengalami pertambahan panjang jalan.

"Yang bertambah hanya jalan kabupaten. Kemudian kondisi jalan di Sulawesi itu terburuk kedua setelah Papua dan Maluku," kata dia dalam acara peluncuran serial semiloka Risalah kebijakan (policy note) pembangunan kawasan Indonesia timur di gedung Rektorat Unhas, Jumat (22/11/2013).

Karena itu, lanjut Agus, tingkat kemacetan juga tinggi. Khusus di Sulsel, pertumbuhan jalan hanya bertambah 3,45 persen saja. Sedangkan pertumbuhan kendaraan mencapai 23,35 persen.
(izz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1235 seconds (11.252#12.26)