Investasi mineral harus sejahterakan masyarakat ASEAN

Kamis, 28 November 2013 - 21:02 WIB
Investasi mineral harus sejahterakan masyarakat ASEAN
Investasi mineral harus sejahterakan masyarakat ASEAN
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengatakan, perdagangan dan investasi bidang mineral di kawasan ASEAN harus diarahkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dia menegaskan hal itu usai membuka ASEAN Ministerial Meeting On Minerals (AMMIN) And Associated Meeting di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/11/2013).

Dalam pertemuan yang dihadiri 10 delegasi dari semua negara ASEAN, Jero menyampaikan pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bahwa kerja sama bidang mineral antar negara anggota muaranya adalah kesejahteraan.

"Saya sampaikan semangat ASEAN itu, harus menjadi kunci dalam menentukan kebijakan mineral kita," tuturnya.

Jero mengakui, dalam pertemuan para menteri dan wakil menteri bidang mineral itu, Indonesia mencoba memberikan pengaruhnya atas berbagai agenda dan isu penting lainnya terkait mineral.

Contohnya, kata dia, segala aktivitas investasi bisnis bidang mineral yang merupakan hasil tambang itu, harus menjadi atau mengarah kepada kesejahteraan Indonesia.

Hal itu sesuai isi Pasal 33 UUD 1945, yang menjadi yang mendasari kebijakan pengelolaan sumber daya alam seperti mineral di Indonesia dan diharapkan bisa memberi dorongan yang sama untuk kerja sama antar anggota masyarakat ASEAN.

Beberapa poin penting yang dihasilkan dalam pertemuan itu, untuk perdagangan dan inevestasi bidang mineral harus dikelola dengan semangat itu. Kemudian, adanya database yang harus dikoordinasikan dan diatur bersama negara ASEAN.

Jero juga mencontohkan, bukti konkret dari komitmen ASEAN dalam pengelolaan sumber daya pertambangan adalah dengan tidak mengekspor bahan mentah.

"Janganlah terus diekpsor mentah, kita harus punya program bahwa sumber daya mineral ini harus jadi sarana pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja," imbuhnya.

Menurutnya, yang juga tak kalah penting adalah bagaimana pengelolaan atau pemanfaatan mineral jangan sampai melupakan atau mengabaikana apsek lingkungan atau keberlanjutan.

Hal tersebut untuk melindungi dan menjaga sumber daya alam jangan sampai rusak dieksploitasi. Sehingga generasi mendatang juga bisa menikmatinya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5327 seconds (0.1#10.140)