Chatib minta RI belajar konversi BBM ke BBG dari Peru

Jum'at, 29 November 2013 - 16:01 WIB
Chatib minta RI belajar konversi BBM ke BBG dari Peru
Chatib minta RI belajar konversi BBM ke BBG dari Peru
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan M Chatib memberikan sebuah ide menarik agar Kementerian ESDM dapat bekerjasama dengan dunia perbankan agar konversi gas dapat dilakukan dengan segera dan menguntungkan agar mengurangi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ide ini diakui Chatib didapatkan dari temannya yang merupakan ketua Otoritas Jasa Keuangan Peru dan mencontoh program konversi BBM ke Bahan Bakar Gas (BBG) di Negara Amerika Latin tersebut.

Pertama-tama, Chatib menceritakan bahwa pemerintah Peru membagi-bagikan alat konverter BBG secara gratis, yang dibiayai bank kepada si perusahaan konverter (seluruhnya swasta), kepada seluruh masyarakat.

"Nanti bank itu dapat kembali dari pembelian gasnya di pom bensin. Jadi dengan sendirinya dia dapat prosentase tertentu dari kreditnya," terang Chatib di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (30/11/2013).

Dia menyebut dalam program konversi BBM ke BBG di Peru, pemerintah sama sekali tidak terlibat dan hanya melibatkan pihak swasta (perbankan dan perusahaan konverter).

Sedangkan untuk diterapkan di Indonesia, Chatib menerangkan hal tersebut perlu kreativitas berbeda karena dalam beberapa hal konversi tidak perlu menggunakan insentif dari pemerintah.

"Kalau di sini tentu saja berbeda karena seharusnya hal ini ada di Kementerian ESDM," pungkas Chatib.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8173 seconds (0.1#10.140)