Ibas dorong pelaku UKM Babel tingkatkan produktivitas

Jum'at, 29 November 2013 - 17:56 WIB
Ibas dorong pelaku UKM Babel tingkatkan produktivitas
Ibas dorong pelaku UKM Babel tingkatkan produktivitas
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pariwisata dan Olahraga, Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas mendorong para pelaku UKM di daerah Pangkal Pinang, Bangka Belitung (Babel) untuk terus meningkatkan kreatifitas dalam mengolah produk andalan daerah.

"Sektor UKM daerah merupakan tiang penyangga ekonomi rakyat. Jadi kalau kreatifitas dan produktifitas dapat ditingkatkan, insya Allah perekonomian lokal akan terangkat dan menjadi motor penggerak perekonomian nasional," kata dia dalam rilisnya, Jumat (29/11/2013).

Menurutnya, kesempatan sektor UKM untuk maju sangat terbuka lebar. Hal ini mengingat berbagai program pemerintah untuk penguatan modal usaha pelaku UKM terus digalakkan.

"Pemerintah mengeluarkan berbagai program penunjang kemajuan sektor UKM seperti PNPM Mandiri, Kredit Usaha Rakyat, program koperasi modern, program optimalisasi Tempat Praktek Keterampilan Usaha yang telah mencapai 1.209 unit se-Indonesia dan masih banyak lagi. Artinya, kesempatan untuk meraih kesuksesan di sektor UKM sangat besar," jelasnya.

Ibas mengatakan, sinergi dan peran serta antar lembaga, baik pemerintah pusat dan daerah, serta pera pelaku sektor UKM harus ditingkatkan agar produk-produk sektor UKM khususnya di daerah mampu bersaing di pasar global.

"Pada akhirnya UKM kita ke depan akan semakin inovatif dan siap tampil di pasar global dengan catatan, permodalan, akses pasar, teknologi dan inovasi, SDM, SDA, infrastruktur dan kerangka kebijakan dan peraturan untuk penguatan sektor UKM dapat berjalan selaras," terang Sekjen Partai Demokrat ini.

Dia mengatakan, ada wilayah-wilayah tertentu yang perlu mendapat perhatian lebih untuk bisa tampil mengolah potensi lokal lewat sektor UKM.

"Saya optimis, kunjungan DPP PD ini dapat memberikan semangat dan motivasi kepada pelaku sektor UKM untuk terus berkarya menciptakan produk-produk andalan lokal. Sehingga daerah lain yang memiliki potensi yang sama juga akan tergerak untuk menjalankan sektor ini," pungkas Ibas.

Seperti diketahui, Ibas telah mengunjungi sentra produksi krupuk ikan Dua Ikan Mas di Pasir Putih, Pangkal Pinang, Bangka Belitung hari ini bersama romobongan DPP Partai Demokrat.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7290 seconds (0.1#10.140)