PHE ONWJ bangun fasilitas gas Balongan

Rabu, 04 Desember 2013 - 12:15 WIB
PHE ONWJ bangun fasilitas gas Balongan
PHE ONWJ bangun fasilitas gas Balongan
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Onshore Processing Facility (OPF) Balongan.

Ini dilakukan untuk mengawali pekerjaan Pproyek Pengembangan Lapangan GG yang terletak di 30 kilometer (km) sebelah utara lepas pantai Cirebon.

Executive VP atau GM PHE ONWJ Jonly Sinulingga menuturkan, lingkup pekerjaan proyek GG terdiri dari pembangunan satu anjungan lepas pantai GGA dan satu Onshore Processing Facility, yang berlokasi di Balongan dengan dihubungkan menggunakan pipa penyalur bawah laut sepanjang 35 km.

Pembangunan OPF itu menggunakan tanah seluas 5 hektar (ha) yang terletak di wilayah Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu dan diharapkan dapat selesai dibangun pada kuartal IV/2014.

"Lapangan GG akan dikembangkan dengan menggunakan tiga sumur yang diharapkan akan menghasilkan sekitar 31 MMSCFD gas dengan rencana investasi sekitar USD152 juta berdasarkan POD yang disetujui yang mencakup kegiatan pemboran dan pembangunan OPF yang digunakan untuk penyaluran gas Lapangan GG. Proyek ini diharapkan dapat mulai beroperasi pada kuartal I/2015," kata dia, dalam rilisnya di Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Jonly menuturkan, gas dari Lapangan GG yang diproses di OPF Balongan akan menghasilkan elpiji yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Hasilnya akan dimanfaatkan untuk menunjang industri strategis di area sekitar Kabupaten Indramayu, Jawa Barat seperti kilang minyak RU VI Balongan.

Selain itu, akan digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan lifting minyak di anjungan X-Ray milik Pertamina EP, serta BUMD Kabupaten Indramayu.

"Kami berharap pengembangan ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan produksi migas nasional," kata dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5547 seconds (0.1#10.140)