Indosat: Persiapan peluncuran satelit Palapa-E sudah matang

Rabu, 04 Desember 2013 - 16:35 WIB
Indosat: Persiapan peluncuran satelit Palapa-E sudah matang
Indosat: Persiapan peluncuran satelit Palapa-E sudah matang
A A A
Sindonews.com - Perusahaan telekomunikasi PT Indosat Tbk, yakin peluncuran satelit Palapa E ke orbit 150.5 BT pada 2016 akan lancar. Pasalnya, hingga saat ini, Indosat telah melakukan segala persiapan.

“Indosat telah mempersiapkan segala sesuatunya terkait dengan peluncuran satelit Palapa E ke orbit 150.5 BT, termasuk koordinasi dengan pemerintah, pendanaan, kerja sama dengan manufaktur, dan lain sebagainya,” ungkap Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, dalam keterangan persnya, Rabu (4/12/2013).

Komitmen kesiapan Indosat ini, menurut Adrian, karena satelit Palapa E sangat penting membantu layanan komunikasi seperti, layanan dasar untuk memenuhi kebutuhan konektivitas korporasi dan bisnis hingga untuk kebutuhan masyarakat terhadap layanan penyiaran.

Terkait dengan rencana PT Telkom Tbk yang menempati satelitnya di orbit yang sama yakni 150.5 BT, Adrian yakin, itu adalah rencana Telkom untuk jangka panjang. Pasalnya, Telkom sendiri sudah menyatakan tidak butuh satelit dalam waktu dekat.

Hal ini terbukti dari pernyataan Telkom saat mundur dari kerja sama konsorsium satelit Indosat-Telkom pada 2011. Dalam surat tersebut, Telkom tegas menyatakan belum memerlukan tambahan satelit baru sampai dengan tahun 2020.

“Kami masih memegang surat pengunduran diri Telkom, isinya menyatakan mereka belum butuh tambahan satelit,” ungkap Adrian.

Terkait dengan isu penyadapan pejabat RI melalui satelit, Adrian menyatakan, tegas Indosat tidak mungkin terlibat. Selain mengikuti aturan-aturan telekomunikasi yang berlaku, Indosat sudah melengkapi teknologi anti penyadapan berstandar ISO 27001 dan ISO 31000.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6018 seconds (0.1#10.140)