Menteri keuangan Uni Eropa temui jalan buntu

Selasa, 10 Desember 2013 - 19:05 WIB
Menteri keuangan Uni...
Menteri keuangan Uni Eropa temui jalan buntu
A A A
Sindonews.com - Para menteri keuangan Uni Eropa (UE) cenderung mengambil langkah politis dalam menciptakan sebuah serikat perbankan dengan kekuatan untuk menutup bank gagal.

Para menteri dalam pertemuan di Brussels, Belgia berharap mencapai kesepakatan politik yang luas tentang cara menutup bank gagal di Zona Euro. Tapi, rincian yang tepat tentang bagaimana itu akan bekerja datang terlambat.

Masalah ini sangat penting bagi Zona Euro karena serikat perbankan secara luas dipandang sebagai penopang untuk berbagi mata uang terhadap utang masa depan mereka dan krisis keuangan.

Untuk memiliki serikat perbankan pada awal 2015, para menteri harus mencapai kesepakatan pada akhir tahun ini, untuk memberikan waktu negosiasi lebih lanjut dengan Parlemen Eropa, pada April 2014 mendatang.

"Saya percaya bahwa kesepakatan politik yang paling mungkin saat ini. Jika ada pekerjaan hukum lebih lanjut harus dilakukan setelah itu," kata Menteri Keuangan Perancis, Pierre Moscovici, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (10/12/2013).

Anggota Dewan Eksekutif Bank Sentral Eropa, Joerg Asmussen mengatakan, pertemuan tingkat menteri berikutnya, yang disebut Ecofin, diagendakan untuk mencapai kesepakatan akhir pada 18 Desember, menjelang pertemuan puncak para pemimpin Eropa pada 19-20 Desember.

"Saya berharap kita berhasil mempersempit perbedaan hari ini. Tapi saya tidak berekspektasi akan mencapai kesepakatan akhir hari ini. Saya mencatat di Ecofin lain sebelum KTT Eropa," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0664 seconds (0.1#10.140)