Smelter Gresik dinilai hanya akan rugikan Newmont

Kamis, 26 Desember 2013 - 15:26 WIB
Smelter Gresik dinilai hanya akan rugikan Newmont
Smelter Gresik dinilai hanya akan rugikan Newmont
A A A
Sindonews.com - Bupati Sumbawa Barat, Zulkifli Muhadli mengatakan, wacana peningkatan nilai tambah emas ke dalam smelter milik Indosmelt di Gresik hanya akan merugikan Newmont.

Pasalnya, smelter milik Indosmelt tersebut hanya mampu menampung 25 persen produksi Newmont, karena mayoritas barang yang diolah di smelter Gresik adalah tembaga (copper).

"Padahal yang diminta oleh UU Minerba No 4/2009 mencapai 99,99 persen," ujar Zulkifli di Gallery Kafe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (26/12/2013).

Dirinya mengaku risau apabila UU tersebut jadi diberlakukan pada 12 Januari 2014. Apalagi, Newmont menganggap pembangunan smelter tersebut tidak layak secara nilai komersil (feasible).

"Pemerintah memang tidak ingin menutup produksi Newmont. Tapi dikhawatirkan Newmont akan mengurangi produksinya," ujar dia.

Zulkifli meyakinkan semua pihak bahwa dirinya bukan bupati yang pro-Newmont, tetapi pro kepada efek berjangka yang diban kepada warga Kabupaten Sumbawa Barat. "Kami tidak tergantung Newmont tetapi tergantung kepada multiplier effect-nya," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5267 seconds (0.1#10.140)