Bandara Ahmad Yani belum layani penerbangan ke Halim

Rabu, 08 Januari 2014 - 18:49 WIB
Bandara Ahmad Yani belum layani penerbangan ke Halim
Bandara Ahmad Yani belum layani penerbangan ke Halim
A A A
Sindonews.com - Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta belum dimanfaatkan maskapai penerbangan dari Semarang. Seluruh maskapi tujuan Jakarta, masih tetap mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Seperti diketahui, mulai 10 Januari 2014 bandara yang berada di komplek Lanud Halim Perdanakusuma tersebut akan dibuka untuk penerbangan reguler. Dibukannya Bandara Halim untuk penerbangan reguler demi mengurangi kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta.

General Afair & Comunication Section Head Bandara Ahmad Yani, Anom Fitranggono mengatakan, belum ada maskapai penerbangan yang memberikan informasi akan membuka rute baru ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Menurutnya, pembukaan rute baru, Semarang-Halim akan tergantung dari maskapai penerbangan itu sendiri. "Sampai saat ini belum ada, yang membuka ke sana (Halim Perdanakusuma)," katanya, Rabu (8/1/2014).

Namun, kata Anom, meskipun nantinya akan ada rute baru menuju Halim ataupun sebaliknya tetap dianggap sebagai rute Semarang-Jakarta. "Kalau masih dalam konteks lama, rutenya sebenarnya sama saja yakni Jakarta-Semarang," imbunya.

Penerbangan di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, selama ini di dominasi rute domestik yakni tujuan Jakarta, Balikpapan, Denpasar, dan Surabaya serta satu penerbangan tujuan Singapura.

Ada sekitar sembilan maskapai yang memanfaatkan bandara yang berada dalam satu komplek Pangkalan Udara Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani tersebut. Sembilan penerbangan tersebut adalah SilkAir, Air Asia, Garuda Indonesia, Sriwijaya, Trigana, Kalstar, City Link, Lion Air dan Merpati tujuan Bandung.

"Rata-rata kami melayani sekitar 39-41 penerbangan, dengan jumlah penumpang mencapai 5.000-6.000 penerbangan," pungkas Anom.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7046 seconds (0.1#10.140)