PLN-perusahaan Malaysia bangun pembangkit di Kalut

Minggu, 12 Januari 2014 - 16:49 WIB
PLN-perusahaan Malaysia bangun pembangkit di Kalut
PLN-perusahaan Malaysia bangun pembangkit di Kalut
A A A
Sindonews.com - PT PLN (persero) menjalin kerja sama dengan perusahaan listrik Malaysia Sabah Electricity Sdn. Bhd. (SESB) membangun jaringan kelistrikan dari Kalimantan Utara (Kalut) ke Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh kedua perusahaan pada Jumat (10/1/2014). Penandatanganan nota kesepakatan telah dilakukan oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji dan Managing Director SESB Hj. Abd Razak.

Nur mengatakan, kerja sama ini ditandai dengan studi bersama dalam rangka mewujudkan interkoneksi kedua negara, sehingga saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Kerja sama ini akan diwujudkan dengan membangun pembangkit listrik skala besar di Kalimantan Utara. Energi listrik yang dihasilkan sebagian besar digunakan untuk keperluan domestik dan sebagian kecil bisa diekspor ke Malaysia," tutur Pamudji dalam rilisnya di Jakarta, Minggu (12/1/2014).

Menurut dia, pembangunan pembangkit berskala besar ini lebih ekonomis dan andal lantaran peluang ekspor listrik ke Malaysia terpampang nyata karena beban puncak di Sabah terjadi pada siang hari, sedangkan di Kalimantan Utara pada malam hari.

"Kondisi ini dapat disinergikan untuk keuntungan kedua belah pihak melalui sistem interkoneksi," ujar dua.

Kerja sama ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai kedua belah fihak melalui pendidikan, pelatihan dan bertukar ilmu pengetahuan sesuai potensi masing-masing.

Perseroan mempunyai pusat pendidikan dan pelatihan yang terintegrasi dan dikelola dengan pendekatan corporate university, mulai pembangkit (fosil dan renewable energy), transmisi (termasuk pemeliharaan dalam keadaan bertegangan atau live line maintenance), sistem distribusi dan sistem manajemen kelistrikan.

"Bagi SESB, kerja sama seperti ini merupakan hal baru dan juga kesempatan untuk memajukan pembangunan kelistrikan di Sabah," ujar dia.

Perlu diketahui, SESB adalah salah satu perusahaan listrik di Malaysia yang mengelola kelistrikan di Sabah. Perusahaan ini dimiliki oleh kerajaan Sabah dan ada saham dari Tenaga Nasional Berhad (TNB), perusahaan listrik terbesar di Malaysia yang berada di Semenanjung.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7186 seconds (0.1#10.140)