Banjir dinilai beri dampak serius bagi perekonomian

Rabu, 15 Januari 2014 - 09:43 WIB
Banjir dinilai beri dampak serius bagi perekonomian
Banjir dinilai beri dampak serius bagi perekonomian
A A A
Sindonews.com - Banjir memberi dampak bagi seluruh aspek termasuk ke perekonomian. Pengamat ekonomi Jeffry Wurangian mengatakan, banjir menyebabkan beberapa jalur menuju dan di dalam kota Jakarta terputus.

Terhambatnya arus lalu lintas memperparah laju ekonomi Jakarta. Untuk itu, pemerintah daerah dan pusat diminta harus proaktif dengan kenyataan di lapangan.

"Masalah banjir harus ditanggung bersama, jangan sampai menghambat laju barang dari luar Jakarta," kata Jeffry dalam keterangan resminya, Rabu (15/1/2014).

Dia mengatakan, kerugian besar akibat banjir harus ditanggung seluruh pihak, baik sisi ekonomi dan sosial. Karena itu, langkah proaktif sangat diperlukan dalam situasi saat ini.

Di sisi lain, dia ikut mengkritisi tata kota Jakarta yang cenderung semwarut. "Seharusnya wilayah-wilayah yang menjadi sentra ekonomi di Ibu Kota sudah dapat bebas dari banjir. Paling tidak, ada sistem penanggulangan untuk bencana, seperti banjir," kata mantan Direktur Umum Bank Sulut ini.

Kepala Auditoriat BUMN Tiurlan Simatupang menambahkan, dampak banjir di Ibu Kota Jakarta cukup serius. Menurut dia, banjir telah menghentikan aktivitas beberapa pelaku ekonomi.

"Jelas kerugiannya besar sekali. Lihat saja berapa banyak orang yang tidak bisa masuk kerja hari ini dan jangan lupakan, UKM yang berbasis industri rumah," ujar dia.

Menurut dia hampir seluruh kegiatan ekonomi masyarakat terganggu akibat banjir. Persoalan banjir membutuhkan kerja sama dan waktu lama untuk menyelesaikannya.

"Diperlukan kerja sama banyak pihak untuk menyelesaikan ini," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7296 seconds (0.1#10.140)