SBY yakin Indonesia punya daya saing tinggi

Senin, 20 Januari 2014 - 15:59 WIB
SBY yakin Indonesia punya daya saing tinggi
SBY yakin Indonesia punya daya saing tinggi
A A A
Sindonews.com - Setelah menjadi presiden selama sembilan tahun, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki keyakinan kuat dan berkesimpulan bahwa daya saing bangsa Indonesia tidak kalah dengan negara lain.

Berbicara di hadapan seribuan pengusaha yang terhimpun di Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) seluruh Indonesia, SBY banyak memaparkan sisi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Selain itu, presiden juga menebar optimisme kepada pengusaha agar terus berkreasi berinovasi dengan memanfaatkan teknologi dalam menghadapi persaingan global.

Dia juga memaparkan beberapa teori pertumbuhan untuk menggambarkan kondisi ekonomi nasional menjelang masuknya masyarakat ekonomi ASEAN dan AFTA 2015.

Tiga hal yang menjadi penentu dalam pertumbuhan ekonomi yakni teknologi, inovasi dan enterpreneurship. "Saya berharap ini menjadi ideologi kita dalam tanda kutip, agar betul-betul menang dalam persaingan di era globalisasi," paparnya.

Satu hal yang akhirnya menjadi kata kunci keberhasilan Indonesia menghadapi persaingan global kembali digarisbawahi SBY. "Ini tahun terakhir saya mengemban tugas di negeri tercinta ini setelah menjalankan roda pemerintahan selama 9 tahun lebih, saya punya kesimpulan dan keyakinan," tegasnya.

Keyakinan dimaksud adalah bahwa bangsa Indonesia bisa bersaing di bidang industri dan jasa konstruksi. Hal itu bisa dilihat ketika SBY meresmikan Jalan Tol di atas perairan "Bali Mandara" yang merupakan karya anak bangsa di mana dirinya ikut terlibat sejak awal sampai selesai.

Demikian juga, baru-baru ini meresmikan Jembatan Kelok Sembilan di Sumatra Barat, juga bandara pelabuhan, irigasi, tol road system dan lainnya.

"Itu semua dihasilkan putra-putra terbaik bangsa Indonesia yang sangat membanggakan. Saya yakin, kita punya daya saing tinggi," tegasnya lagi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9808 seconds (0.1#10.140)