Kemenperin akan menata industri smelter

Senin, 20 Januari 2014 - 18:15 WIB
Kemenperin akan menata industri smelter
Kemenperin akan menata industri smelter
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan menata industri pengolahan bahan tambang (smelter) yang ada di Indonesia. Kemenperin berencana melakukan pembatasan ekspor bahan mentah.

Sebagai gantinya, nanti akan diikuti dengan optimalisasi smelter dan industri hilir yang lain. Atas kebijakan inilah, Kemenperin melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Basis Industri Manufaktur melakukan pengecekan di sejumlah perusahaan tambang. Salah satunya di PT Jogja Magasa Iron (JMI) yang ada di Kulonprogo.

"Kunjungan ini untuk memastikan proyek smelter siap dilakukan untuk pembangunan," kata Benny disela-sela kunjungan ke PT JMI, di Karangwuni, Wates, Senin (20/1/2014).

Selain mendengarkan paparan, rombongan juga melihat lokasi yang akan dibangun pabrik. Termasuk melihat kesiapan mesin-mesin pengolah yang akan dilakukan.

Menurutnya, selama ini bahan material pembuat besi masih mengandalkan bahan impor. Keberadaan JMI yang akan memproduksi pig iron ini akan menjadi salah satu solusi.

Sehinngga, kata dia, nantinya produk yang ada, tidak diperbolehkan untuk diekspor, namun harus diujicobakan untuk dipakai di dalam negeri. "Harapan kita awal tahun depan sudah bisa memproduksi," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4888 seconds (0.1#10.140)