Harga minyak global tergelincir

Rabu, 29 Januari 2014 - 19:53 WIB
Harga minyak global tergelincir
Harga minyak global tergelincir
A A A
Sindonews.com - Harga minyak mentah di perdagangan dunia hari ini merosot, di mana para pedagang memperkirakan pemerintah AS akan mengumumkan peningkatan stok minyak komersial, menjelang keputusan stimulus Federal Reserve (Fed).

Kontrak utama New York, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, turun 53 sen menjadi USD96,88 per barel. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk Maret, merosot 22 sen menjadi USD107,19 per barel.

Menurut perkiraan 11 analis yang disurvei Dow Jones Newswires, persediaan minyak mentah AS akan meningkat 2,2 juta barel dalam pekan hingga 24 Januari 2014.

Laporan resmi stok (minyak) akan dirilis Departemen Energi AS Rabu (waktu setempat). Kenaikan persediaan menunjukkan melemahnya permintaan di ekonomi dan konsumen minyak terbesar di dunia, menempatkan tekanan pada harga.

Desmond Chua, analis pasar CMC Markets, Singapura mengatakan, para dealer juga dengan tajam melihat apakah Fed akan mengurangi pembelian aset bulanan dalam pertemuan kebijakan dua hari.

Menurutnya, skenario yang paling mungkin adalah Fed akan melanjutkan rencana pengurangan stimulus moneter sebesar USD10 miliar.

Pada Desember lalu, Bank sentral AS mengungkapkan akan mengurangi stimulus sebesar USD10 miliar-USD75 miliar per bulan pada Januari.

Tapering off pembelian aset Fed kemungkinan akan meningkatkan greenback , membuat minyak yang dihargakan dalam dolar (USD) lebih mahal bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lain, sehingga mengurangi permintaan.

"Kita perlu ingat bahwa ada masa transisi dari anggota, serta perbedaan pendapat, membuat kebijakan ke depan sedikit kurang lurus," ujar Chua, seperti dilansir dari AFP, Rabu (29/1/2014).

Seperti diketahui, Ketua Fed Ben Bernanke akan meletakkan jabatannya pada Jumat ini setelah menduduki kursi selama 8 tahun. Posisinya akan digantikan oleh Wakil Ketua Janet Yellen.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4131 seconds (0.1#10.140)