Harga minyak global akhir pekan ini lebih rendah

Jum'at, 14 Februari 2014 - 19:54 WIB
Harga minyak global akhir pekan ini lebih rendah
Harga minyak global akhir pekan ini lebih rendah
A A A
Sindonews.com - Harga minyak mentah di perdagangan dunia menyusut karena para pedagang mengambil keuntungan di akhir pekan, di mana minyak berjangka sempat mencapai angka tertinggi merespon prospek permintaan di Amerika Serikat (AS).

Kontrak utama New York, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, turun 47 sen menjadi USD99,88 per barel. Sementara kontrak acuan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April, turun 18 sen menjadi USD108,34 per barel di London.

"Minyak mentah berjangka telah mencapai puncak multi-bulan pada Rabu, dengan dukungan datang berasal dari permintaan perusahaan di Amerika Serikat," kata para analis.

Cuaca musim dingin yang parah di Amerika Utara telah meningkatkan prospek permintaan untuk bahan bakar pemanas. "Kontrak WTI terus bertahan di atas USD100 per barel, karena kekhawatiran baru dari cuaca dingin di AS ikut memberikan dukungan," kata Kash Kamal, analis Sucden brokers, seperti dilansir dari AFP, Jumat (14/2/2014).

Kemarin, minyak mentah AS naik ke level tertinggi selama empat bulan di angka USD100,37 per barel. Sementara Brent mencapai tingkat tertinggi sejak awal tahun sekitar USD110 per barel.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan, kenaikan permintaan di negara-negara maju, yang dipimpin Amerika Serikat memiliki lebih dari kompensasi atas memperlambat konsumsi di emerging market (pasar negara berkembang).

Dukungan harga minyak pekan ini juga datang dari kenaikan impor minyak mentah China. Di mana data yang dirilis Rabu (12/2/2014) menunjukkan, salah satu konsumen energi terbesar di dunia itu mencetak rekor impor sebanyak 6,63 juta barel per hari pada Januari, naik 5,2 persen dari Desember 2013.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7034 seconds (0.1#10.140)