Kemenhub: Rute penerbangan di Sumatera aman

Sabtu, 15 Februari 2014 - 16:49 WIB
Kemenhub: Rute penerbangan di Sumatera aman
Kemenhub: Rute penerbangan di Sumatera aman
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan debu vulkanis akibat erupsi Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur tidak menganggu rute penerbangan di sekitar Sumatera.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang S Ervan mengatakan, posisi debu vulkanis akibat letusan Gunung Kelud hingga saat ini telah mencapai Samudera Hindia di bagian barat Pulau Sumatera pada ketinggian 65.000 kaki, sehingga dipastikan tidak menganggu rute penerbangan di sekitar Sumatera.

"Kemenhub memastikan tidak menganggu penerbangan di wilayah Sumatera, karena penerbangan domestik maupun internasional umumnya berada pada ketinggian 30-35 ribu kaki," kata Bambang dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Tercatat perkembangan terakhir hingga Sabtu (15/2/2014), pukul 10.00 WIB , Bandar Udara Ahmad Yani Semarang, Bandar Udara Abdulrahman Saleh Malang dan Tunggul Wulung Cilacap telah beroperasi kembali.

Sebelumnya, ketiga bandar udara ini merupakan bagian dari tujuh bandar udara yang ditutup sementara operasinya sejak Jumat (14/2/2014) akibat debu vulkanik dari letusan Gunung Kelud.

Empat bandar udara lain, masing-masing Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta, Adi Sucipto Yogyakarta, Djuanda Surabaya, dan Husein Sastranegara Bandung masih belum beroperasi, dikarenakan masih adanya gangguan debu vulkanis Kelud.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4056 seconds (0.1#10.140)