Nilai tujuh brand bank RI ke-4 di ASEAN

Kamis, 20 Februari 2014 - 12:52 WIB
Nilai tujuh brand bank RI ke-4 di ASEAN
Nilai tujuh brand bank RI ke-4 di ASEAN
A A A
Sindonews.com - Sebanyak tujuh bank Indonesia mencatat total nilai brand sebesar USD5,08 miliar atau naik sedikit dibanding tahun lalu sebesar USD4,80 miliar.

Total nilai tujuh brand perbankan Indonesia ini menempatkan mereka di peringkat ke-4 di kawasan ASEAN, diikuti Filipina dengan nilai brand USD1,38 miliar.

Ketujuh bank Indonesia tersebut, diantaranya Bank Mandiri, BRI, BCA. Adapun nilai brand Bank Mandiri lebih dari USD1,65 miliar. Peningkatan signifkan Bank Mandiri dalam nilai brand telah mempertahankan posisinya di nomor satu pada 2015.

Managing Director of Brand Finance Asia Pacific Samir Dixit mengatakan, bank-bank di Indonesia telah berhasil meningkatkan kombinasi nilai brand mereka melampaui 2013 dengan kontribusi yang signifikan dari Bank Mandiri.

"Mandiri sekarang berada di posisi yang sangat kuat untuk menduduki peringkat 3-4 ASEAN Banking Brands dan menantang beberapa bank di Singapura dan Malaysia," kata dia dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Samir menambahkan, kekuatan brand bank di Indonesia akan diuji secara signifikan pada 2014. Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang paling lambat dalam empat tahun, prediksi pertumbuhan kredit di bawah ekspektasi, lemahnya nilai mata uang, tingginya tingkat suku bunga dan utang yang lebih dari USD10 miliar akan menambah tekanan pada industri perbankan yang kurang terpenetrasi.

Secara umum, performa sektor perbankan di Indonesia akan tetap berada di bawah tekanan seiring dengan menurunnya net interest margins (NIMs) yang akan mempengaruhi keuntungan bersih.

Pada saat itulah brand yang kuat akan memiliki peranan yang signifikan untuk menjaga pelanggan, mengurangi tingkat kehilangan pelanggan, membangun kepercayaan diri pelanggan dan meningkatkan peluang mendapatkan keuntungan.

Deputy Managing Director of Brand Finance Indonesia Galih Rangha menuturkan, 2014 akan menjadi tahun yang menarik di Indonesia.

"Selain pemilihan umum, sekarang kita dapat melihat peningkatan yang signifikan pada total valuasi brand dari Indonesia Banking Brand dibandingkan tahun 2013," ujar dia. Namun, menurut dia, hanya Mandiri yang memiliki kontribusi tertinggi pada Branks Brand Value Indonesia dibandingkan bank lain.

Dengan hampir 75 persen peningkatan nilai brand, Mandiri kembali dianugerahi sebagai Most Valuable Indonesian Banking Brand. Dengan demikian, hal tersebut memungkinkan Bank Mandiri bersaing dengan bank-bank ASEAN terdepan dari Singapura dan Malaysia.

"Untuk Bank-bank di Indonesia yang lain, saat ini telah menjadi PR (pekerjaan rumah) mereka untuk mengejar nilai Mandiri dalam waktu dekat dengan mengatur secara efektif brand berwujud dan tidak berwujud sambil bertujuan untuk menempati top 10 Asian Banking Brands," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7123 seconds (0.1#10.140)