Harga minyak di perdagangan Asia merosot

Selasa, 01 April 2014 - 12:37 WIB
Harga minyak di perdagangan Asia merosot
Harga minyak di perdagangan Asia merosot
A A A
Sindonews.com - Harga minyak di perdagangan Asia hari ini merosot, karena adanya laporan atas penarikan sebagian pasukan Rusia di sepanjang perbatasan Ukraina yang menimbulkan harapan pelonggaran terburuk di Timur-Barat sejak perang dingin.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (1/4/2014), New York West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei turun 24 sen menjadi USD101,34 per barel pada pertengahan perdagangan Asia pagi ini dan minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Mei, turun 13 sen menjadi USD107,63.

Juru bicara Staf Kementerian Pertahanan Ukraina Oleksiy Dmytrashkivskiy kepada AFP Senin mengatakan, Rusia telah menarik pasukannya secara bertahap dari perbatasannya.

Amerika Serikat mengatakan akan menyambut setiap langkah Rusia untuk menarik pasukannya kembali, tapi tidak mengonfirmasi laporan bahwa Moskow telah mulai melakukannya.

Kenny Kan, analis pasar di CMC Markets di Singapura mengatakan, penarikan pasukan yang dilaporkan Kremlin telah mereda kekhawatiran tentang konflik militer penuh antara Rusia dan Ukraina, yang akan menyebabkan harga minyak melambung.

"Ketegangan geopolitik mungkin akan mengurangi premi risiko yang sebelumnya telah dipatok pada harga minyak," kata Kan kepada AFP.

Rusia menyediakan sekitar seperempat dari pasokan gas alam di Eropa, dengan sekitar 80 persen dari mereka ekspor yang bepergian melalui jaringan pipa di Ukraina.

Pasukan Rusia yang berkumpul di perbatasan timur Ukraina, memicu kekhawatiran tentang rencana Moskow setelah pengambilalihan semenanjung Krimea bulan lalu.

Investor juga mencerna data manufaktur China terbaru yang dirilis hari ini.
Biro Statistik Nasional mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa indeks manajer pembelian resmi (PMI) China sebesar 50,3 pada Maret, naik dari 50,2 pada Februari yang merupakan terendah delapan bulan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6762 seconds (0.1#10.140)