Prospek industri keramik RI semakin cerah

Kamis, 17 April 2014 - 20:12 WIB
Prospek industri keramik RI semakin cerah
Prospek industri keramik RI semakin cerah
A A A
Sindonews.com - Industri keramik di Indonesia berpotensi untuk dikembangkan mengingat jumlah penduduk dan laju pertumbuhan pembangunan semakin pesat. Prospek industri keramik nasional dalam jangka panjang cukup baik, seiring pertumbuhan pasar dalam negeri yang terus terjadi peningkatan.

Salah satu pemain di industri keramik yang terus berupaya meningkatkan kualitas maupun desain guna merebut pangsa pasar dalam negeri maupun mancanegara adalah CENTRO.

"Kami melihat ada celah untuk bermain di area keramik dengan motif dan pola batu alam," kata Presiden Direktur PT Puri Kemenangan Jaya di hall B JCC di sela pameran Mega Building, Kamis, (17/4/2014).

Dengan desain pola batu alam yang menjadi spesialisasnya, mengantarkan ragam produk Centro langsung mencuri perhatian pasar. Dengan bendera PT Industri Keramik Kemenangan Jaya (IKKJ), pada 2008 Centro mendobrak kemapanan selera pasar keramik selama ini yang sangat dominan pada keramık jenis porselen.

Setelah melalui proses research and development yang memakan waktu sekitar enam bulan, akhirnya telah meluncurkan generasi pertama Centro, yaitu Maestro dengan motif yang memakai nama-nama fashion branded. Misalnya Armani, Bottega, Dior dan Escada. Terobosan yang di lakukan IKKJ ini mengantarkan Centro sebagai pioneer untuk keramik batu alam di Indonesia dan Asia.

Data yang dirilis Asosiasi Aneka Industri dan Keramik Indonesi (Asaki), saat ini idnsutri keramik nasional menepati peringkat keenam produsen keramik terbesar dunia dengan kapasitas 1,4 juta m2. Rata-rata, produksi per harı 1.32 juta m2, dan 80 produsen keramik ubin dan dinding yang menyerap tenaga kerja sekirtar 200.000 orang.

Pada 2013, penjualan keramik mencapai Rp30 triliun. Di mana, saat ini, penjualan lokal menyerap 85 persen dari total produksi. Sisanya, ekspor market. Sementara, berdasarkan data BPS ekspor produk keramik pada 2013 senilai USD341,85 juta.

Pada Januari 2014 atau data terakhir ekspor mencapaı USD30,06 juta, naik 6,99 persen dari periode yang sama tahun lalu. PT Purı Kemenangan Jaya sebagai distributor utama Centro memiliki lebih dari 100 dealer yang tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Di mana, setıap dealer memiliki 100-200 subdealer.

Sementara, untuk pasar ekspor, Centro sudah mampu menembus hingga ke Malaysia, Vietnam, Korea, Colombo, hailand, Timur Tengah, Philipina, dan Mauritius.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5540 seconds (0.1#10.140)