Indeks manufaktur China lebih rendah dari perkiraan

Kamis, 01 Mei 2014 - 17:18 WIB
Indeks manufaktur China lebih rendah dari perkiraan
Indeks manufaktur China lebih rendah dari perkiraan
A A A
Sindonews.com - Indeks manufaktur China pada April 2014 tumbuh kurang dari perkiraan analis, menyoroti pelemahan dalam perekonomian dari ekspor hingga konstruksi. Hal ini bisa memaksa pemerintah melakukan langkah ekstra untuk mendorong pertumbuhan.

Biro Statistik Nasional (NBS) beserta Federasi Logistik dan Pembelian China (CFLP) melaporkan indeks manajer pembelian (CPMINDX) berada di angka 50,4 poin. Angka tersebut lebih rendah dari estimasi 38 analis dalam survei yang dilakukan Bloomberg News, sebesar 50,5 poin.

Data hari ini menunjukkan kelemahan dalam pesanan ekspor dapat membuat Perdana Menteri Li Keqiang lebih sulit menghindari perlambatan setelah konstruksi properti anjlok pada kuartal pertama dan pertumbuhan ekonomi mendingin.

Seperti diketahui, produk domestik bruto China tahun ini diproyeksikan berada di angka 7,3 persen, laju terlemah sejak 1990.

"Kami memperkirakan pertumbuhan terus melambat," kata Zhang Zhiwei, kepala ekonom China di Nomura Holdings Inc, Hong Kong, seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (1/5/2014).

"Kami berharap pemerintah melonggarkan kebijakan fiskal dan moneter dalam beberapa bulan ke depan. Rasio cadangan bank dapat dikurangi pada Mei atau Juni dan kemudian dilanjutkan pada kuartal ketiga," tambahnya.

Analis Societe Generale SA menyebutkan, pembacaan 50,4 poin akan menunjukkan bahwa momentum pertumbuhan tetap "lunak" dan perlambatan ekonomi akan berlanjut pada kuartal kedua.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6279 seconds (0.1#10.140)