100 UKM ikuti pameran di Lampung

Sabtu, 03 Mei 2014 - 11:04 WIB
100 UKM ikuti pameran di Lampung
100 UKM ikuti pameran di Lampung
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menyelenggarakan Pameran Pangan Nusa (PPN) ke-9 dan Pameran Produk Dalam Negeri Regional (PPDNR) ke-4 mulai 2-5 Mei 2014 di Bandar Lampung, Lampung.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini adalah salah satu ajang mempromosikan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) pangan nusantara dan memperkenalkan potensi kuliner unggulan dalam negeri. Selain itu, meningkatkan penggunaan produk potensial dalam negeri berkualitas dan berdaya saing.

"PPN dan PPDNR bertujuan mengembangkan dan meningkatkan baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia di daerah yang belum dapat mengolah hasil buminya secara maksimal," kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi dalam rilisnya, Sabtu (3/5/2014).

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian daerah, memaksimalkan potensi pasar dalam negeri, menumbuhkan semangat kewirausahaan dengan munculnya wirausaha baru yang kompeten, serta menciptakan lapangan kerja baru.

Pameran ini berfungsi sebagai ajang persaingan sehat bagi para UKM, serta sebagai sarana menjalin misi dagang lokal dalam rangka membangun konektivitas, jejaring, dan transaksi penjualan produk-produk UKM antar provinsi (regional).

Di samping itu, dalam rangka implementasi Permendag No 70 tahun 2013 tentang Pedoman Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern. Juga dilakukan penilaian produk UKM potensial oleh assessor/merchandiser dari beberapa ritel modern. Antara lain Carrefour, Alfamart, Indomaret, Hypermart, dan Giant.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Srie Agustina menjelaskan bahwa peserta UKM yang berpartisipasi dalam pameran ini berjumlah 100 UKM, terdiri dari 50 UKM peserta PPN dan 50 UKM peserta PPDNR. Pameran kali ini diikuti 12 provinsi yang berpartisipasi

"Pameran Pangan Nusa akan diisi 50 stan terdiri dari 25 stan untuk 12 provinsi dan 25 untuk tuan rumah yaitu Kab/Kota di Provinsi Lampung," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5615 seconds (0.1#10.140)