Komisi Eropa perkirakan pemulihan ekonomi berlanjut

Senin, 05 Mei 2014 - 21:06 WIB
Komisi Eropa perkirakan pemulihan ekonomi berlanjut
Komisi Eropa perkirakan pemulihan ekonomi berlanjut
A A A
Sindonews.com - Komisi Eropa memperkirakan pertumbuhan tahun ini moderat dan ekonomi negara-negara anggota akan bangkit asalkan melaksanakan reformasi yang direncanakan.

Dilansir dari DW, Senin (5/5/2014), ekonom dari komisi memproyeksikan pertumbuhan riil produk domestik bruto (PDB) Uni Eropa sebesar 1,6 persen dan Zona Euro 1,2 persen pada 2014. Kemudian, masing-masing akan meningkat menjadi 2,0 persen dan 1,7 persen pada 2015.

Perbedaan substansial di negara-negara anggota Uni Eropa tetap antara tingkat pertumbuhan PDB, pengangguran, dan investasi, dengan beberapa negara masih terperosok dalam resesi pada Q4 2013.

Siim Kallas, wakli presiden Komisi Uni Eropa menggarisbawahi pentingnya reformasi struktural di negara-negara yang lebih lemah. Dia mencontohkan ekonomi di Eropa Timur pada 1990-an.

Permintaan domestik Uni Eropa diperkirakan akan menjadi pendorong utama pertumbuhan. Belanja konsumen akan semakin menambah pertumbuhan, seperti tingkat pengangguran secara bertahap menurun dan pendapatan riil manfaat konsumen dari inflasi yang rendah.

Investasi dalam peralatan dan konstruksi juga diperkirakan akan tumbuh. Sementara kontribusi permintaan ekspor bersih diperkirakan akan berkurang. Adapun lambatnya kemajuan ini sejalan dengan pemulihan dari krisis keuangan yang mendalam.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5366 seconds (0.1#10.140)