PGN minta pemerintah dukung program gas kota

Sabtu, 10 Mei 2014 - 17:17 WIB
PGN minta pemerintah dukung program gas kota
PGN minta pemerintah dukung program gas kota
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur gas di tanah air. Salah satu yang menjadi agenda PGN dalam pemerataan penyaluran gas bumi ini adalah, dengan menjadikan DKI Jakarta sebagai 'role model' kota gas di Indonesia dalam percepatan konversi BBM ke gas.

Untuk mempercepat langkah tersebut, PGN mengharapkan partisipasi pemerintah membantu program penggunaan gas pipa, salah satunya dengan pemberian insentif dalam bentuk peraturan.

"Harus ada insentif dari Pemda (Pemerintah Daerah) atau Pempus (Pemerintah Pusat) supaya masyarakat beralih dari BBM ke BBG. Misal, pemaksaan dalam bentuk Perda," ujar Head of Corporate Communication PGN, Ridha Ababil dalam acara Media Site Visit FSRU Lampung, Sabtu (10/5/2014).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya terus melanjutkan program gas kota di seluruh jaringan PGN. "Kita lanjut di seluruh jaringan PGN. Saat ini di Kelender, Tangerang, beberapa lagi disalurkan di wilayah jaringan PGN," tambahnya.

Sementara untuk jaringan pipa gas di rumah susun (rusun) Marunda, menurut Ridha, saat ini masih dalam proses pengerjaan. Diperkirakan akhir Mei segera rampung.

"Untuk yang vertikal lebih murah biayanya dari pada horizontal. Horizontal harus bikin jaringan seperti laba-laba. Daripada gotong-gotong lebih enak gas pipa," ujarnya.

Ridha menargetkan untuk 2014, akan terealisasi 15 ribu sambungan baru. Sementara hingga Mei 2014, sudah terpasang 3.300 sambungan gas pipa di wilayah DKI Jakarta.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6344 seconds (0.1#10.140)