SBY: KTT ASEAN harus majukan perekonomian negara anggota

Senin, 12 Mei 2014 - 10:47 WIB
SBY: KTT ASEAN harus majukan perekonomian negara anggota
SBY: KTT ASEAN harus majukan perekonomian negara anggota
A A A
Sindonews.com - Dalam sambutannya pada pembukaan KTT ke-24 ASEAN di Myanmar International Convention Center (MICC), Nay Pyi Daw, Myanmar, Minggu (11/5/2014), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan, Komunitas ASEAN 2015 harus terus memajukan perekonomian negara-negara anggota.

Namun SBY juga menegaskan bahwa para pemimpin negara ASEAN juga harus memainkan peran yang lebih besar lagi dalam bidang sosial budaya, dan juga keamanan.

“Hal ini sejalan dengan tiga pilar yang menjadi tumpuan Komunitas ASEAN pada 2015, yaitu ekonomi, politik keamanan dan sosial budaya,” tutur SBY dikutip dari situs Setkab, Senin (12/5/2014).

Hingga saat ini, SBY menambahkan, ASEAN masih dihadapkan pada isu sengketa Laut Tiongkok Selatan yang meminta perhatian semua negara anggota. SBY kembali menekankan pentingnya menyelesaikan sengketa tersebut dengan tetap mengedepankan dialog, tanpa menggunakan kekerasan ataupun militer.

Selain dihadiri oleh Presiden SBY, KTT ke-24 ASEAN ini juga dihadiri oleh Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, PM Kamboja Hun Sen, PM Laos Thongsing Thamavong, PM Malaysia Tun Abdul Razak, Presiden Filipina Benigno S. Aquino III, PM Singapura Lee Hsien Loong, Deputi PM Thailand Phongthept Epkanjana, dan PM Vietnam Nguyen Tan Dung.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6494 seconds (0.1#10.140)