Pabrik Indarung IV Gunakan teknologi Ramah Lingkungan

Senin, 26 Mei 2014 - 11:34 WIB
Pabrik Indarung IV Gunakan teknologi Ramah Lingkungan
Pabrik Indarung IV Gunakan teknologi Ramah Lingkungan
A A A
PADANG - PT Semen Padang akan mulai membangun pabrik baru di Padang, Sumatera Barat bernama Indarung VI, yang diperkirakan akan rampung pada pertengahan 2016.

Dengan tambahan dua pabrik baru masing-masing di Padang, Sumatera Barat dan Rembang, Jawa Tengah yang akan ground breaking pada pertengahan Juni 2014 serta upgrading pabrik eksisting lainnya, kelompok perusahaan semen terbesar di Indonesia ini akan memiliki kapasitas 40,8 juta ton per tahun pada 2017.

”Meningkatkan kapasitas produksi secara terukur (undertake capacity growth) adalah salah satu strategi perseroan untuk mempertahankan posisi sebagai market leader di industri semen nasional. Peningkatan kapasitas produksi juga sebagai bentuk tanggung jawab perseroan untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional dengan permintaan semen yang terus meningkat,” ujar Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto di Padang, Senin (26/5/2014).

Dwi menjelaskan bahwa pabrik yang akan dibangun menggunakan teknologi ramah lingkungan. Rancangan pabrik Indarung VI berbasis teknologi green industry, yang sangat memperhatikan aspek lingkungan.

"Peralatan terkait dust dan gas emisi, seperti bag filter, electrostatic preciptator (EP) serta peralatan pengendalian emisi lainnya mengacu kepada pabrik dengan teknologi berbasis ramah lingkungan (green industry)," ujarnya.

Lima aspek green industry, yang akan diimplementasikan di Indarung VI, yakni emisi udara jauh di bawah ambang batas, yakni 30 mg/Nm3 (Keputusan Menteri LH No. 13 Tahun 1995 ambang batas maksimum 80 mg/Nm3), tata kelola sumber daya air (water management) dengan membangun recirculation dan water reservoir.

Selain itu, penanganan limbah (waste management), optimalisasi penggunaan bahan bakar fosil serta meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif dan area hijau sebanyak 30% dari luas areal pabrik dan membangun green belt.

Peralatan dan mesin-mesin pabrik Indarung VI dipilih dari vendor-vendor yang teruji dan dikenal baik di dunia, seperti FL Smidth Denmark, Takraf Jerman, Thyssenkrupp Jerman, Claudius Peter Jerman serta beberapa vendor ternama lainnya, yang dibagi melalui beberapa paket peralatan.

"Pelaksanaan engineering, procurement, construction dan commisioning (EPCC) sepenuhnya dikelola secara maksimal oleh personal Semen Padang (Semen Indonesia Group), sehingga proses learning dan transfer of knowledge serta transfer of technology bisa berjalan secara efektif di perusahaan," tutup Dwi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7358 seconds (0.1#10.140)