Pebisnis Tergiur Buka Usaha di Manado

Selasa, 03 Juni 2014 - 16:00 WIB
Pebisnis Tergiur Buka Usaha di Manado
Pebisnis Tergiur Buka Usaha di Manado
A A A
MANADO - Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Utara (Sulut) yang menembus 7,98% atau jauh di atas rata-rata nasional, membuat para investror dan dunia bisnis lainnya tertarik datang ke daerah ini.

Salah satunya Ade Nofrianto, penjual aksesori asal Padang di Mega Trade Center (MTC) Manado, mengaku dalam sehari bisa menghasilkan omzet antara Rp800.000 sampai Rp2 juta. Omzet ini naik tajam jika musim liburan, Ramadan, Natal, dan tahun baru dengan rata-rata Rp4 juta sampai Rp5 juta per hari.

"Luas tapak yang saya sewa, panjang 5 meter, lebar 2 meter. Harga sewa per bulan Rp5 juta. Pokoknya modal dan keuntungan sudah lebih dari cukup," terang pengusaha muda ini, Selasa (3/6/2014).

Sementara itu, Ci Lim yang mengambil ruko di Kawasan Megamas pada 2013, menghadap jalan dengan biaya kontrakan Rp200 juta/dua tahun mengaku senang dengan perkembangan usahanya.

"Omzet per hari sangat lumayan. Ruko yang saya sewa tiga lantai, panjang sekitar 20 meter, dan lebar 6 meter," ujarnya.

Agen Properti ERA Mas Manado Sulut, William Kuntoro mengatakan, sepanjang Jalan Boulevard yang menjadi sentra bisnis Kota Manado adalah lokasi strategis bagi pengusaha.
"Harga ruko yang dipatokkan di Kawasan Megamas mulai Rp2 miliar sampai Rp5 miliar, kontrak/sewa bermain antara Rp75 juta sampai Rp100 juta per tahun," jelasnya.

Harga yang dipatok, kata dia, tergantung lokasi dan tipe bangunan. Misalnya ruko yang di Kawasan Megamas ini ada tiga jejeran depan, tengah, dan belakang, harganya bervariasi.

"Harga depan menghadap jalan Rp100 juta ke atas, tengah antara Rp75 juta sampai Rp85 juta, dan belakang Rp100 juta lebih sedikit," katanya sembari menyebut saat ini masih disedikan ada sekitar 10-an unit ruko.

Pantauan di beberapa titik di Manado, berbagai bangunan pencakar langit hingga pusat perbelanjaan mewah pun kian banyak. Seperti Mall Star Square, Mall Mantos Tiga, Taman Sari Lagoon (28 lantai), dan masih banyak lainnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1505 seconds (0.1#10.140)