Harga Minyak Global Melemah

Selasa, 03 Juni 2014 - 21:18 WIB
Harga Minyak Global Melemah
Harga Minyak Global Melemah
A A A
LONDON - Harga minyak di perdagangan dunia hari ini turun, karena pedagang terbebani data ekonomi yang menunjukkan permintaan solid dari negara-negara konsumen energi terbesar di dunia.

Patokan AS, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli merosot empat sen menjadi USD102,43 per barel. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli turun 36 sen menjadi USD108,47 per barel.

"Kerugian minyak mentah Brent dapat dikaitkan dengan pasokan OPEC yang diperkirakan output tetap tinggi," kata Dorian Lucas, analis konsultan energi Inenco, seperti dilansir dari Global Post, Selasa (3/6/2014).

Minyak mentah berjangka tetap didukung data manufaktur yang positif. "Pasar minyak saat ini difokuskan pada data manufaktur dari AS dan China," ujar Michael McCarthy, kepala strategi pasar CMC Markets, Sydney.

"Tapi, kita melihat beberapa premi risiko terkait dengan Ukraina, datang dari krisis berkepanjangan dengan perkembangan baru memiliki dampak kecil," kata McCarthy.

Pasukan pemerintah dan gerilyawan pro-Rusia terlibat dalam pertempuran selama berminggu-minggu di timur Ukraina. Namun, pertempuran sejauh ini tidak berkembang menjadi perang saudara penuh di negara bekas Uni Soviet itu.

Di sisi lain, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan, lebih dari USD48 triliun (35 triliun euro) harus diinvestasikan pada 2035 untuk memenuhi kebutuhan energi global seiring meningkatnya permintaan di negara-negara berkembang.

Dalam sebuah laporan yang diluncurkan di London, IEA menyebutkan, perluasan pasar gas global, sebagian besar berkat perbaikan dalam metode ekstraksi konvensional, tidak akan menurunkan harga secara signifikan karena transportasi yang tinggi dan biaya infrastruktur.

Badan berbasis di Paris itu memperkirakan USD2 triliun per tahun perlu diinvestasikan pada 2035, dengan kenaikan sebesar USD400 miliar dari 2013.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)