Bank BUMN Garap Bisnis Transaksional Kartu Prabayar

Senin, 16 Juni 2014 - 11:28 WIB
Bank BUMN Garap Bisnis Transaksional Kartu Prabayar
Bank BUMN Garap Bisnis Transaksional Kartu Prabayar
A A A
JAKARTA - Tiga bank Badan Usaha Milik negara (BUMN), yakni yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI) terus menggarap bisnis transaksional melalui kartu prabayar.

Direktur Bisnis Konsumer BRI A Toni Soetirto mengatakan, jenis kartu prepaid Brizzi yang diimplementasikan pada sistem e-ticketing KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), selain sebagai alat pembayaran di KCJ juga terintegrasi sebagai media bayar di transportasi umum lainnya, seperti Transjakarta, TransJogja, Batik Solo Trans dan Trans Pekanbaru.

“Bahkan saat ini kita sedang melakukan penjajakan untuk integrasi ke sistem MRT Jakarta yang sedianya diimplementasikan pada tahun 2016,” jelas Toni dalam jumpa pers di Stasiun Kota Jakarta, Senin (16/6/2014).

Di samping itu, Brizzi dapat digunakan sebagai media pembayaran sehari-hari di berbagai merchant, seperti Carrefour, Hypermart, Indomaret, Lawson, Alfamart, foodcourt, Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Pertamina, jasa transportasi, alat pembayaran parkir ISS, pembayaran sarana publik airport tax, restoran dan merchant-merchant lainnya yang telah bekerja sama dengan BRI.

Sementara itu, SEVP Transaction Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan bahwa implementasi e-ticketing ini merupakan salah satu upaya Bank Mandiri dan PT KAI Commuter Jabodetabek untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna commuter line, khususnya di bidang pelayanan transaksi.

“Penumpang commuter line dapat memilih jenis Mandiri e-money yang akan digunakan, terdiri dari e-money, e-Toll Card, Indomaret Card atau GazCard sebagai electronic ticket commuter line. Selain praktis digunakan di commuter line, nikmati juga kemudahan berbelanja di merchant ritel, bayar tol, bayar tiket Transjakarta, bayar parkir dan transaksi di SPBU dengan Mandiri e-money,” tutur Rico.

Direktur Konsumer & Ritel BNI Darmadi Sutanto berharap, kerja sama dengan KCJ dapat membantu program Less Cash Society (LCS) yang diusung Bank Indonesia dan penerapan single card untuk transportasi publik di Jakarta karena selain dapat digunakan di kereta commuter line Jabodetabek, juga dapat digunakan di Transjakarta dan merchant-merchant bertanda TapCash lainnya.

“Untuk itu, BNI Tapcash tidak hanya dapat digunakan di moda transportasi KRL commuter line Jabodetabek ini saja, melainkan juga sudah dapat digunakan di bus Transjakarta, SPBU dan merchant-merchant bertanda TapCash lainnya. Adapun untuk isi ulang kartu TapCash dapat dilakukan di merchant-merchant bertanda TapCash dan ATM bertanda TapCash, selain itu juga dapat dilakukan di cabang-cabang BNI di Jabodetabek,” beber dia.

(baca juga: Tiga Bank BUMN Layani E-Ticketing Commuter Line)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1809 seconds (0.1#10.140)