Perbaikan Jalur Lintas Timur Sumatera Capai 90%

Selasa, 24 Juni 2014 - 17:02 WIB
Perbaikan Jalur Lintas Timur Sumatera Capai 90%
Perbaikan Jalur Lintas Timur Sumatera Capai 90%
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU) Hermanto Dardak mengatakan, saat ini perbaikan jalur lintas timur Sumatera sudah mencapai 90%. Sehingga, saat arus mudik Lebaran, pemudik bisa menggunakan jalur lintas timur Sumatera.

"Sekarang ada penanganan, tapi rata-rata sekarang sudah relatif baik, sudah 90% terhadap sasaran untuk rata Lebaran sekarang ini," ujar dia usai Rapat Koordinasi (Rakor) Stabilisasi Pangan di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Dia menjelaskan, untuk perbaikan jalur Pantai Utara (Pantura), pihaknya telah melakukan perbaikan di titik jalur-jalur yang diutamakan untuk pemudik. Kendati ada tingkat kerataan yang berbeda, namun dia memastikan hal itu sudah teruji kelayakannya.

"Di titik-titik seperti itu (umurnya habis) tentunya masih ada pemeliharaan rutin yang disiapkan menjadi perhatian kita. Tapi secara umum rata, mungkin tingkat kerataannya yang agak beda, tapi memenuhi kelayakan," imbuh Hermanto.

Selain itu, untuk permukaan jalannya akan dilakukan perbaikan dan akan ditangani agar memudahkan perjalanan pemudik.

"Pantura kan empat lajur rata-rata dari Jakarta sampai Kudus, kondisinya macam-macam, ada yang umurnya masih baru (muda) permukaannya mantap. Ada umurnya yang menjelang habis tentu kita melakukan penanganan secara rata juga," terangnya.

Dia menambahkan, untuk perbaikan jalan yang akan dilalui pemudik sudah memenuhi kelayakan untuk bisa digunakan saat arus mudik Lebaran.

"Semua rata, dalam arti memenuhi kelayakan untuk digunakan mudik Lebaran," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3481 seconds (0.1#10.140)