Kementan Klaim Stok Pangan Jelang Puasa Aman

Kamis, 26 Juni 2014 - 15:35 WIB
Kementan Klaim Stok Pangan Jelang Puasa Aman
Kementan Klaim Stok Pangan Jelang Puasa Aman
A A A
JAKARTA - Menjelang bulan Ramadan, Kementrian Pertanian (Kementan) mencatat secara nasional ketersediaan pangan tahun ini cukup aman dan ketersediaannya memadai untuk masyarakat.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Achmad Suryana mengatakan, kondisi tersebut berlaku juga untuk periode HBKN puasa dan lebaran. Kecuali untuk komoditas daging sapi, kedelai dan kacang tanah, namun secara gambaran makro tetap stabil.

"Untuk menutupi kekurangan tersebut, kami mengimbau kepada pemerintah daerah sejak awal melakukan beberapa kebijakan yang dapat menstabilkan kondisi pasar menjelang puasa dan lebaran," ujar dia di Kementan, Kamis (26/6/2014).

Dia menambahkan, kebijakan-kebijakan tersebut meliputi, melakukan koordinasi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), koordinasi dengan Bulog seluruh Indonesia, operasi pasar murah di daerah-daerah.

"Selain itu, kita juga akan mengusahakan mengenai bantuan ongkos angkut bahan pangan pokok yang tentunya akan bertambah pasokannya, pengamanan jalur distribusi pangan dan infomasi tentang harga pangan di tingkat pasar serta sosialisasi pembeli cerdas," tutup dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4223 seconds (0.1#10.140)