Manfaat Liburan bagi Pelaku Bisnis

Sabtu, 02 Agustus 2014 - 08:56 WIB
Manfaat Liburan bagi Pelaku Bisnis
Manfaat Liburan bagi Pelaku Bisnis
A A A
LIBURAN adalah waktu yang dibutuhkan setiap orang. Tak terkecuali bagi para pelaku bisnis yang super sibuk. Namun, banyak di antara mereka yang tidak sadar manfaat dari waktu rileksasi dan berkumpul dengan orang terdekat atau keluarga. Mereka menilai banyak waktu dan kesempatan hilang di saat liburan.

Sejatinya, liburan adalah momen terbaik. Pengusaha sukses tahu bahwa liburan tidak hanya menjadi waktu untuk merileksasi pikiran, tapi juga kesempatan mendapatkan ide dan transaksi bisnis. Di sini situs Entrepreneur melansir ada lima manfaat liburan bagi pelaku bisnis.

1. Jaringan

Ini adalah waktu tepat untuk menjangkau dan bertemu orang-orang. Sadarilah bahwa eksekutif, pemilik bisnis, pengusaha dan pemimpin lainnya juga mengambil sebagian waktunya untuk liburan. Tak heran, beberapa hubungan dan penawaran bisnis terbaik kerap terjadi di saat liburan.

Jangan batasi diri Anda dalam membangun jaringan. Bila Anda bepergian, itu adalah kesempatan yang sempurna duduk tepat di sebelah mereka. Gunakan kesempatan itu, dengan orang-orang yang biasanya tidak berpikir untuk menemukan cara-cara baru melakukan bisnis.

2. Berpikir waktu

Liburan adalah saat yang tepat bagi Anda untuk duduk kembali dan berpikir tentang bisnis, serta apa yang penting untuk itu. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang penting bagi Anda? Tujuan Anda sendiri dan kehidupan? Bagaimana hal-hal sesuai dengan yang ada pada bisnis dan karier profesional Anda?

Seiring waktu, fokus bisa berubah. Jadi (liburan) itu adalah saat yang tepat untuk menyetel kembali kendali dalam pikiran Anda. Apakah Anda cukup melakukan perhatian? Bila Anda tidak terganggu dengan panggilan telepon, email, dan orang-orang yang berjalan ke meja Anda setiap lima menit, Anda benar-benar memiliki kesempatan untuk berpikir kritis.

Gunakan waktu tersebut untuk memikirkan cara-cara agar lebih maju, cara terbaik untuk memanfaatkan tim Anda, dan apakah Anda memanfaatkan sumber daya sepenuhnya.

3. Isi ulang

Tahun lalu saya mendengar Steven Covey berbicara tentang tujuh kebiasaan orang yang sangat sukses. Dia selalu berbicara tentang pentingnya memiliki keseimbangan dalam hidup, antara kehidupan pribadi dan keluarga.

Di sini sangat penting bagi Anda memberikan waktu untuk mereka dan menemukan keseimbangan. Kita semua tahu pengusaha senang bekerja. Tapi, perlu diingat mengapa Anda melakukan itu. Sebagian besar waktu untuk membangun kekayaan bagi keluarga. Jadi, duduk kembali dan berhubungan dengan mereka yang begitu banyak berarti bagi Anda.

Hal ini akan membantu Anda, menemukan dan mengisi ulang "baterai", memberi dorongan untuk pergi keluar serta melakukan hal lebih baik dari yang Anda lakukan sebelumnya!

4. Masalah

Kita selalu menemukan bahwa dengan bepergian, kadang-kadang masalah juga akan pergi. Masalah yang terpikirkan tidak akan menjadi gangguan ketika Anda menjauh dari kekacauan kantor dan bisnis.

Ini tidak menganjurkan Anda lari dari masalah. Sebaliknya, dengan melangkah mundur dan menikmati liburan, Anda akan menemukan bahwa sebagian besar "masalah" tidak benar-benar sebagai masalah. Namun jika itu adalah masalah nyata, mereka masih berada di sana ketika Anda kembali.

5. Bisnis berjalan sendiri

Seoarang pria bijak, bernama Lee Iacocca, mantan ketua Chrysler dan penulis ternama pernah berkata, bahwa jika ada seorang manajer bisnis, pemilik atau eksekutif yang tidak bisa menjauhkan diri dari bisnis, biarkan semua itu berjalan sendiri. Karena bisnis sebagai suatu sistem dan berjalan sendiri. Nikmati hidup tanpa perlu khawatir karena Anda semualah yang mengatur.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6842 seconds (0.1#10.140)