PLN Jatim Jamin Pasokan Listrik Aman Saat Lebaran

Rabu, 23 Juli 2014 - 12:51 WIB
PLN Jatim Jamin Pasokan Listrik Aman Saat Lebaran
PLN Jatim Jamin Pasokan Listrik Aman Saat Lebaran
A A A
SURABAYA - Malam takbiran hingga Lebaran 1435 H, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur memastikan pasokkan listrik aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selain pasokkan listrik yang dipastikan aman, pihak PLN juga mengatur jadwal kerja karena saat itu bertepatan dengan cuti bersama.

General Manager PT PLN Distribusi Jawa Timur IBG Mardawa Padangartha mengatakan, jumlah pasokkan listrik untuk Jatim lebih 8.000 MW dengan beban puncak 4.981 MW. Dari jumlah tersebut masih ada cadangan 3.000 MW.

Secara umum, pasokan cukup diharapkan tidak ada hal teknis yang mengganggu khususnya saat Lebaran. "Sampai hari ini kondisi listrik di Jatim menunjukkan keadaan yang bagus," katanya, Rabu (23/7/2014).

Pasalnya, saat Hari Raya Idul Fitri banyak yang cuti bersama. Namun, setidaknya PLN area se-Jawa Timur telah membagi jadwal. Area tersebut mulai dari Surabaya, Gresik, Pasuruan, Bojonegoro, Mojokerto, Ponorogo hingga Banyuwangi sudah menyiapkan diri.

Mardawa menjelaskan, para petugas di area tersebut tetap stand bay meski libur hari besar. Jadwal masuk akan digilir ada yang tetap masuk juga ada yang cuti. "Khususnya saat malam takbiran dan saat pelaksanaan shalat Idul Fitri, itu yang harus dijaga PLN," ujarnya.

Sementara, pertumbuhan konsumsi listrik di Jatim hingga Juni 2014 tercatat dikisaran 7,1%. Untuk penyambungan baru yang telah dilakukan mencapai sekitar 160.000 pelanggan atau sekitar 40.000 pelanggan per bulan.

Soal Penyambungan baru memang sempat tersendat di PT PLN Distribusi Jatim pada Mei-Juni. Namun, saat ini kondisi tersebut telah pulih. Tercatat, ada 200 pelanggan industri besar di Jatim yang harus menunggu.

"Pemasangan sambungan listrik baru sudah bisa mulai kami layani. Untuk yang mau tambah daya juga bisa kami layani," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4067 seconds (0.1#10.140)