500 Koperasi LPDB Pasarkan Produk Pertamina

Senin, 11 Agustus 2014 - 17:00 WIB
500 Koperasi LPDB Pasarkan Produk Pertamina
500 Koperasi LPDB Pasarkan Produk Pertamina
A A A
JAKARTA - Sebanyak 500 koperasi dan UKM binaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi siap memasarkan produk hilir Pertamina di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Kemas Danial mengatakan, dalam upaya menindaklanjuti sosialisasi Nota Kesepahaman (MoU) antara LPDB-KUMKM dan Petamina pada 24 Juli lalu, serta penguatan perekonomian koperasi dan UKM, peningkatan produk nasional dilakukan untuk dapat bersaing dengan produk asing yang mulai membanjiri Indonesia.

Menurut Kemas, adalah komitmen LPDB-KUMKM memperkuat sektor koperasi dan UKM dan meningkatkan perekonomian daerah.

"Koperasi binaan LPDB telah memiliki jaringan yang luas se-Indonesia. Saat ini, jumlah koperasi binaan sekitar 3.106 unit. Dari jumlah tersebut, 500 unit yang siap bekerja sama dengan Pertamina untuk menyalurkan produk hilir pertamina, seperti oli pelumas, elpiji dan lainnya," jelasnya, Senin (11/8/2014).

Kesiapan ini, menurut Kemas, ditunjukkan dengan hadirnya 500 koperasi-UKM binaan LPDB-KUMKM dalam sosialisasi bersama Pertamina di Jakarta.

Dia menyebutkan, banyak dampak positif dan nilai tambah dengan kerja sama ini. Pertama, mendorong penguatan koperasi-UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat daerah. Kedua, meningkatkan pemasaran dan penggunaan produk nasional oleh masyarakat Indonesia. Ketiga, meningkatkan daya saing produk nasional dari serbuan produk asing. Keempat, membantu masyarakat terhindar dari produk palsu dan berkualitas rendah yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Kemal menjelaskan, dalam dua tahun terakhir kinerja LPDB-KUMKM dinilai semakin membaik. Hal ini, dibuktikan dengan peningkatan alokasi anggaran penyaluran dana bergulir dari pemerintah melalui LPDB-KUMKM pada 2014 sebesar 37,57 persen dari 2013. Pada tahun lalu, total penyaluran dana sebesar Rp1,926 triliun, dan pada tahun ini sebesar Rp 2,650 triliun.

Sementara itu, Direktur Sales dan Marketing PT Pertamina Lubricants, Rifky E Hardijanto, memastikan koperasi dan UMKM akan mendapatkan produk hilir asli dari Pertamina dan terjamin kualitasnya.

"Melalui kerja sama ini, memberikan dukungan pada koperasi agar bisa meningkatkan kualitas produk dan mampu bersaing dengan produk asing. Ruang lingkup kerja sama itu meliputi penjaminan harga dan kualitas serta pemasaran produk hilir Pertamina di lingkungan koperasi yang menjadi mitra LPDB-KUMKM," tandas Rifky.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5988 seconds (0.1#10.140)